Keren, Sekolah Ini Launching Ekskul Panahan dan Robotik

Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah launching ekskul Panahan dan Robotik

Keren, Sekolah Ini Launching Ekskul Panahan dan Robotik
IST
Siswa Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah memainkan panah saat launching ekskul Panahan dan Robotik bertempat di lapangan hijau Raz Garden YPSA, Sabtu (15/7/17). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah launching ekskul Panahan dan Robotik saat acara demonstrasi ekstrakurikuler (demo ekskul) bertempat di lapangan hijau Raz Garden YPSA, Sabtu (15/7/17).

Kabag Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana mengatakan, demo ekskul ini ditujukan sebagai rangkaian acara penyambutan siswa baru TP 2017-2018. Siswa baru yang berada di kelas 1, VII, dan X dikenalkan dengan berbagai macam ekskul yang ada di YPSA yang dapat mereka ikuti sesuai dengan minat dan bakat mereka.

"Tahun ini YPSA menambah dua cabang ekskul, yaitu Panahan dan Robotik. Rasulullah bersabda, 'Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR Bukhari/Muslim). Sementara, dalam kesempatan lain, Rasullullah bersabda, 'Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)'.(HR Muslim)," ungkap Bagoes.

Bagoes menambahkan, melihat hadis tersebut, jelas sekali bahwa olahraga memanah memiliki kaitan erat dengan peradaban Islam.

Baca: Tunjangan Dinaikan, Puluhan Anggota DPRD Masih Malas Hadiri Rapat Paripurna

"Pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang. Sedang Robotik untuk mengasah kreativitas dan kemampuan logika para siswa selain untuk mempersiapkan generasi yang mampu berkompetisi di dunia teknologi yang berkembang pesat," katanya lagi.

Ia juga menjelaskan,ekskul atau ekstrakurikuler adalah kecakapan lain yang dimiliki siswa selain penguasaan materi pelajaran. Selain mengenalkan ekskul Panahan dan Robotik, YPSA mengenalkan beragam cabang mulai dari seni beladiri Taekwondo, olahraga permainan, Pramuka, Seni tari, Vokal, Teater, band, Musik, Kaligrafi, Ensambel, Tenis Meja, Musikalisasi puisi, Basket, Futsal, LKBB, Melukis, Menggambar dan Berenang.

Acara diisi oleh kelas 1, VII, dan X yang tergabung di masing-masing ekskul. Tidak hanya siswa kelas 1, VII, dan X dalam demo kali ini sekolah juga mengundang para alumni untuk dapat bergabung memeriahkan acara demo ekskul.

Baca: Begini Nasib Sekolah Darurat di Kaki Gunung Sinabung, Musim Hujan Becek, Saat Kemarau Penuh Debu

Acara berlangsung meriah. Seluruh siswa SD, SMP, dan SMA YPSA begitu antusias mengikuti dan memperhatikan masing- masing ekstrakurikuler. Dari wajah meraka tampak rasa kagum pada peserta demo ekskul yang begitu cakap memperagakan masing-masing ekskul. Diharapkan setelah demo ekskul siswa YPSA dapat mengikuti salah satu ekskul sesuai dengan minatnya.

Untuk ekskul olah raga dan seni, masing-masing tim yang tergabung dalam ekskulnya memperagakan gerakan-gerakan yang spektakuler.(*)

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved