Ternyata PDAM Naikkan Tarif Air Dikarenakan Hal Ini

Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Medan, Delvyandri mengatakan, kenaikan tarif air PDAM, dalam rangka full cost recovery.

Ternyata PDAM Naikkan Tarif Air Dikarenakan Hal Ini
Tribun Medan/Ryan
Ketua Komite 2 DPD RI, Parlindungan Purba (kiri) saat berkunjung ke Kantor PDAM Tirtanadi Medan, Selasa (25/7/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Medan, Delvyandri mengatakan, kenaikan tarif air PDAM, dalam rangka full cost recovery. Dikatakannya, semua pendapatan harus dapat menutupi biaya operasional dan investasi, serta membayar utang.

"Perjalanan itulah yang membuat kita peninjauan tarif. Ini dalam rangka menjaga full cost recovery. Kalau melihat inflasi yang ada ini bergerak terus. Ini mempengaruhi harga-harga bahan kimia, karena mengikuti pasar dan dolar," katanya Selasa (25/7/2017).

Disampaikannya, dalam hal perawatan PDAM juga pakai pompanisasi, untuk membeli peralatan dan spart part. Lebih ekstrem lagi bergeraknga kegiatan TDL. Menurutnya, lenyesuaian tarif tidak begitu tinggi.

Baca: Usulkan Pemerintah Subsidi Tarif Air, DPD RI Minta Kenaikan Tarif Seimbang dengan Pelayanan PDAM

Baca: Tarif Air PDAM Tirtauli Akan Naik Lagi Meski Pelayanan Belum Maksimal

"Sebenarnya, kenapa ini kenaikan ini dilakukan, karena memang sebulannya kita dapat Rp 11 miliar. Ini untuk pelayanan dan perawatan. Proses untuk penyesuaian tarif ini keputusan kami. Mengikuti Permendagri no 71 tahun 2016, pelaksanaan melalui SK Direksi. Kami lah yang melaksanakan kenaikan tarif ini," ungkapnya.

Ditambahkannya, harga tarif air di Kota Medan, termasuk paling murah apabila dibanding kota-kota besar lainnya. Di Medan Rp 3.400 per meter kubik, sementara paling dekat seperti Kita Pekanbaru Rp 6000 per meter kubik.

"Jadi memang Tirtanadi Medan ini termasuk paling murah," pungkasnya.(*)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved