Breaking News:

Tekan Jumlah Limbah yang Masuk ke Danau Toba, Ini yang Dilakukan Perusahaan Keramba Jaring Apung

Oleh karena itu, pengelolaan limbah domestik menjadi salah satu faktor terpenting untuk terjaganya kelestarian kualitas air Danau Toba.

Tribun Medan/Royandi
Bantuan toilet yang diberikan PT Suri Tani Pemuka kepada SDN 091436 Tambun Raya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.COM, SIMALUNGUN - PT Suri Tani Pemuka, perusahaan Keramba Jaring Apung yang mempunyai kegiatan usaha di perairan Danau Toba, tepatnya di Desa Tambun Raya membangun fasilitas toilet di sekolah yang ada di sekitar lokasi usahanya yaituSDN 091436 Tambun Raya. 

“Bantuan toilet ini kami serahkan sebagai langkah awal yaitu untuk SDN 091436 Tambun Raya. Nantinya akan ada satu sekolah lain yang akan dibuatkan fasilitas toilet dan akan dilakukan perbaikan fasilitas toilet untuk dua sekolah lainnya,” ujar Direktur STP, Jenny Budiati. Bantuan untuk tiga sekolah selanjutnya tersebut akan didukung oleh JAPFA Foundation, Rabu (26/7/2017).

“Dengan adanya fasilitas toilet yang memadai, akan mengurangi beban polutan limbah domestik yang masuk ke Danau Toba,” ujar Jenny. Minimnya sarana dan prasarana kebersihan seperti jamban di rumah-rumah penduduk menjadi salah satu faktor penyebab tingginya polutan dari limbah domestik yang masuk ke Danau Toba.

Baca: Siap Sediakan Fasilitas untuk Danau Toba di Kejuaraan Ini

Baca: Lomba Lari 10K, Ajang Promosi Danau Toba Ala Sumut Paten

Sesuai tabel yang tercantum dalam buku Gerakan Penyelamatan Danau (GERMADAN) Danau Toba yang diterbitkan oleh KLHK pada tahun 2015, Limbah Domestik merupakah kontributor polutan Danau Toba terbesar untuk parameter TSS dan BOD, dan merupakan kontributor polutan terbesar kedua setelah Peternakan untuk parameter COD.

Oleh karena itu, pengelolaan limbah domestik menjadi salah satu faktor terpenting untuk terjaganya kelestarian kualitas air Danau Toba.

Jenny juga menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan STP untuk menjaga kelestarian Danau Toba dalam menjalankan kegiatan budidayanya, antara lain dengan penggunaan pakan rendah fosfor dan pemanfaatan Feed Broadcaster. STP juga menjamin bahwa tidak ada pakannya yang tenggelam dan menumpuk di dasar Danau Toba.

“Kerja keras STP untuk terus menjaga kelestarian Danau Toba dalam proses budidayanya terbayar dengan menjadi salah satu produsen ikan Tilapia yang dipercaya masuk ke pasar Amerika dan Eropa,” jelas Jenny.

“Brand Toba Tilapia untuk produk STP menjadi jaminan mutu ikan tilapia berkualitas tinggi yang dibudidayakan dengan prinsip sustainable fisheries,” tutup Jenny. 

Baca: Luhut Panjaitan: Investasi di Danau Toba Bersifat Business to Business

Baca: Libur Lebaran Kunjungan Wisatawan di Danau Toba Meningkat 50 Persen

Sebelum ini, STP juga telah mencanangkan Gerakan Kebersihan Sekolah di 3 (tiga) SDN di sekitar lokasi operasional STP di Tambun Raya dan Tigaras. Dan atas keberhasilan pelaksanaan Program Kebersihan oleh Guru dan Siswa di 3 (tiga) SDN tersebut, STP juga menyerahkan apresiasi berupa Tas Sekolah untuk setiap siswa pada kesempatan yang sama.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved