ASTAGA! Ibu Rumah Tangga Tertangkap Bayar Utang Pakai Uang Palsu

Perbuatan Hariati terungkap berawal membayarkan utang ke rekannya bernama Mita. Hariati menyerahkan uang senilai Rp 100 ribu sebanyak 2 lembar.

ASTAGA! Ibu Rumah Tangga Tertangkap Bayar Utang Pakai Uang Palsu
Tribun Medan/Dedy
Hariati terbukti simpan uang palsu pecahan seratus ribu saat diperiksa Polsek Silau Kahean. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, RAYA - Seorang Ibu Rumah Tangga Hariati (51) warga Dusun Negeri Hanopan Nagari Silau Paribuan, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun nekad mengedarkan, memakai uang palsu demi membayar utang. Belasan uang pecahan seratus ribu disita darinya dan diduga beredar di Simalungun dan sekitar. 

Perbuatan Hariati terungkap berawal membayarkan utang ke rekannya bernama Mita. Hariati menyerahkan uang senilai Rp 100 ribu sebanyak 2 lembar.

Namun usai menerima 2 lembar pecahan Rp 100 itu, Mita merasa curiga dan menduga uang itu palsu, karena kertasnya dan warnanya berbeda. Akhirnya Mita mengembalikan uang tersebut pada Hariati.

Baca: Mi Berformalin Seberat 1,2 Ton Disita Polisi, Diduga Sudah Beredar di Berbagai Kota

Akhirnya peredaran upal itu diketahui pihak Polsek Silau Kahean. Selanjutnya, Kapolsek AKP D. Harahap dan anggota melakukan penyelidikan atas informasi beredarnnya upal di Dusun Negeri Hanopan Nagari Silau Paribuan. Kini Hariati terpaksa diamankan Polsek Silau Kahean, Rabu (2/8/2017)

"Selasa semalam polisi bertemu dengan nama Hariati sekitar pukul 12.00 WIB langsung menanyakan informasi tersebut. Hariati membenarkan ada memberikan uang 2 lembar pecahan Rp 100 ribu pada Mita," kata Kapolsek. 

Selanjutnya saat diperiksa, Hariati juga menunjukkan pada Kapolsek 15 lembar uang pecahan Rp 100 diduga palsu yang disimpannya.

Petugas lalu mengamankan 15 lembar upal dari tangan Hariati. Bahkan untuk memeriksa adanya dugaan produksi dan peredaran uang palsu petugas juga mendatangi rumah Hariati.

"Saat ini kita berkoordinasi dengan Reskrim Polres Simalungun. Hingga saat ini pihak Polsek Silau Kahean masih melakukan penyelidikan atas temuan upal itu dengan memeriksa para saksi-saksi," pungkasnya.(*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved