Menyusuri Muara Hingga Berburu Ikan Segar

Pemandangan wisatawan memancing menggunakan sampan hingga memancing di pinggir muara juga menjadi aktifitas di Bagan.

Menyusuri Muara Hingga Berburu Ikan Segar
Tribun Medan / Silfa
Suasana jual beli di Tempat Pelelangan Ikan di Bagan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com - Wisata bahari menyelusuri muara Percut Seituan di Kawasan Wisata Bagan dengan menggunakan sampan nelayan menjadi ikon di sini.

Menyusuri muara, memotret aktifitas burung camar yang beterbangan mengejar sampan dan mengerumuni hasil tangkapan ikan nelayan adalah yang paling dinanti.

Tak jarang pula pemandangan perampasan ikan terlihat saat nelayan lengah. Ya burung camar akan terbang dengan cepatnya meraih ikan dan kabur menghindar dari sang empunya ikan.

Pemandangan wisatawan memancing menggunakan sampan hingga memancing di pinggir muara juga menjadi aktifitas di Bagan.

Puas menyusuri muara, ada tempat pelelangan ikan dengan membeli langsung dari nelayan atau penduduk sekitar yang menjual beranekaragam jenis seafood, ada ikan, udang, kepiting, cumi-cumi dan yang paling diburu jenis ikan pari yang besar dan segar.

Baca: NEWSVIDEO: Masyarakat Ulayat Sibayak Lau Cih Dilarang Masuk Kantor DPRD

"Ikan yang saya jual juga masih segar, hasil pancingan tadi pagi, hanya berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu perkilonya tergantung ujuran ikan," kata Arman, pedagang ikan di TPI Bagan, Senin (7/7/2017).

Adanya aktifitas penjualan hasil tangkapan laut berupa kepiting, ikan, kerang, dan udang membuat perekonomian di pantai tersebut tetap berjalan.

Kebanyakan pengunjung memilih di sini karena bisa beli ikan murah dari nelayan langsung.

Di lokasi pelelangan ikan terdapat pangkalan boat nelayan yang akan anda sewa untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi restoran, harga sewa boat Rp. 60.000 sekali perjalanan atau Rp 100 ribu pulang-pergi. Perjalanan menuju ke restoran terapung mengunakan boat sekitar 10 menit.

Ada juga sampan nelayan yang bisa disewa untuk seharian, biasanya disewa menyusuri muara atau memancing seharian di tengah laut sekitar Percutseituan Rp 200 ribu.

(sil/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved