Nurhajizah Bilang Begini Ketika BPK Temukan 1 M Belanja Perjalanan Dinas Tak Dipertanggungjawabkan

"Semua kelebihan-kelebihan atau kurang bayar, itu sudah kiat kembalikan. Tidak ada lagi. Apakah itu Pekerjaan Umum, apakah itu perjalanan dinas,"

Nurhajizah Bilang Begini Ketika BPK Temukan 1 M Belanja Perjalanan Dinas Tak Dipertanggungjawabkan
Tribun Medan / Nanda
Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung saat diwawancarai di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut, Senin (14/8/2017). (Tribun Medan / Nanda) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut menemukan adanya beberapa kecurangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundangan-undangan dalam Laporan Keuangan Pemprov Sumut Tahun Anggaran 2016.

Temuan ini dikemukakan oleh BPK dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemprov Sumut Tahun Anggaran 2016.

Berdasarkan LHP itu, satu di antara pokok-pokok temuan ketidakpatuhan tersebut adalah realisasi belanja perjalanan dinas daerah senilai Rp 1,4 miliar tidak sesuai ketentuan.

Baca: Diguyur Hujan, Jalanan di Kota Ini Berubah jadi Danau, Kapan Masalah Ini Selesai?

Di samping itu, terdapat Rp1 miliar dari realisasi belanja perjalanan dinas tersebut yang belum dipertanggungjawabkan.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung menyebut Pemprov Sumut sudah menyelesaikan semua rekomendasi yang diberikan BPK mengenai pertanggungjawaban perjalanan dinas daerah tersebut.

"Semua kelebihan-kelebihan atau kurang bayar, itu sudah kiat kembalikan. Tidak ada lagi. Apakah itu Pekerjaan Umum, apakah itu perjalanan dinas, peraiaran. Karena sudah clear makanya dapat opini WTP," kata Nurhajizah di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut, Senin (14/8/2017).

Selain pertanggungjawaban perjalanan dinas, BPK juga menemukan berbagai pokok temuan ketidakpatuhan dan kecurangan lain.

BPK merangkum sepuluh pokok temuan dan satu di antaranya merekomendasikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi untuk memerintahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemprov Sumut lebih cermat menyusun APBD.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved