Manusia Pertama Penghuni Indonesia Diungkap, Gigi Ini Jejaknya

EW Saptomo, arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional yang ikut berperan dalam penelitian ini mengatakan, gigi tersebut "yang jelas adalah manusia modern

Manusia Pertama Penghuni Indonesia Diungkap, Gigi Ini Jejaknya
(Tanya Smith and Rokus Awe Due )
Sampel gigi dari Gua Lidar. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sampel gigi dari gua Lida Ajer di Jambi memberi petunjuk tentang manusia modern pertama yang menghuni Indonesia.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature pada 9 Agustus 2017 lalu mengungkap, gigi itu merupakan milik manusia modern awal dari berusia antara 73.000 - 63.000 tahun lalu.

Itu berarti, manusia telah ada di nusantara tak lama setelah letusan besar Toba terjadi, sekitar 74.000 tahun lalu.

EW Saptomo, arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional yang ikut berperan dalam penelitian ini mengatakan, gigi tersebut "yang jelas adalah manusia modern tertua di Indonesia."

Baca: NEWSVIDEO: Massa Ancam Lakukan Aksi Lebih Besar, Bila Perppu Ormas Tidak Dibatalkan

Dihubungi Kompas.com, Jumat (18/8/2017), ia mengungkapkan, manusia modern tertua yang diketahui sejauh ini berumur 45.000 tahun dan dijumpai di bagian Indonesia yang lebih ke timur.

Penemuan ini jika benar mengubah waktu kedatangan manusia di nusantara setidaknya 30.000 tahun lebih awal dari yang diduga.

Kira Westaway, arkeolog dari University of Sydney yang memimpin riset, juga menuturkan, gigi itu menjadi petunjuk bahwa manusia sudah bisa sintas di hutan hujan tropis lebih awal.

"Hutan hujan adalah lingkungan hidup yang sulit. Manusia modern butuh inovasi teknologi dan kemampuan berburu yang canggih untuk bisa sintas," ungkapnya seperti dikutip Newsweek, mingu lalu.

Baca Juga: Agama Gajah Mada dan Majapahit yang Sebenarnya Diungkap

Halaman
12
Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved