BPKD Launching Sistem Pembayaran Pajak Online, Ini Kemudahannya

"Pemerintah kota Pematangsiantar menyikapi kondisi dengan melaunching sistem pajak online agar memudahkan masyarakat"

BPKD Launching Sistem Pembayaran Pajak Online, Ini Kemudahannya
Tribun Medan / Dedy
Launching sistem pembayaran pajak online di Kantor BPKD Pematangsiantar, Senin (21/8/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) melakukan akselarasi peningkatan mutu pelayanan yang diaplikasikan melalui pembayaran pajak daerah secara online. Sistem Pajak Online dilaunching di Kanator BPKD Jalan Merdeka No 6, Siantar Barat, Senin (21/8/2017)

Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, dalam sambutannya menyampaikan, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi pemerintah kota Pematangsiantar menyikapi kondisi dengan melaunching sistem pajak online agar memudahkan masyarakat. Di mana para wajib pajak tidak perlu lagi bersusah payah mendatangi ke kantor pajak.

Sesuai perda nomor 6 tahun 2011 terdiri sembilan (9) jenis pajak yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir, pajak air tanah, pajak penerangan jalan, pajak bumi dan bangunan dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, dari sembilan (9) jenis pajak tersebut, secara khusus terdapat dua jenis pajak yang menjadi prioritas pembayaran secara online, yakni Pajak Reklame dan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan ( PBB-P2).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Ir. Adiyaksa DS Purba, MM melalui Plt kabid Pendapatan, Dhani Lubis menjelaskan, kepada masyarakat yang ingin melakukan pembayaran online melalui beberapa chanel yang nantinya bisa dilakukan paling lambat pada akhir tahun 2017 ini.

"Untuk pembayaran Pajak Reklame dan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) saat ini layanan pembayaran masih melalui sistem pembayaran online Bank Sumut," katanya.

Pada acara ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan Corporate Social Responibility (CSR) oleh Taman Hewan Pematangsiantar berupa dua unit kendaraan bermotor roda tiga, kendaraan tersebut nantinya dapat difungsikan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mendukung sarana dan prasarana dalam meningkatkan pelayanan kebersihan di Kota Pematangsiantar.

Tampak hadir Direktur Opersional PT. Bank Sumut Didi Duharsa, Manager PT. UNITWIN Khoirudin, Plt Sekda Ir.Reinward Simanjuntak, Kepala BPKD Ir.Adiaksa DS.Purba, MM, juga para staf ahli, Kepala OPD, para camat dan lurah.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved