Video

NEWSVIDEO: Polisi Tangkap Tiga Kawanan Pembuat Uang Palsu

“Mesin print pencetak, scanner penjiplak, serta bundel kertas HVS. Nilai tukar yang ditawarkan para tersangka sebesar Rp 2 juta rupiah untuk Rp 10juta

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tiga kawanan pembuat uang palsu dengan pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu ditangkap usai bertransaksi dengan petugas Kepolisian Polsek Medan Kota yang menyamar sebagai pembeli uang palsu di Pasar Tradisional.

Selain menjual uang cetak kertas hasil jiplakan, pelaku juga menggunakan uang palsu tersebut sebagai alat tukar dalam transaksi narkoba ditempat hiburan malam.

Tersangka Syarifuddin otak pelaku pembuat uang palsu, mengaku pertama kali belajar memproduksi uang kertas palsu melalui internet.

Baca: Video Supir Blue Bird Marahi Bule yang Tabrak Taksinya, tapi Makiannya Bikin Ngakak

Selanjutnya Syarifuddin merekrut dua rekannya, Anton dan Melandi Munthe untuk mencetak dan memperbanyak uang palsu, sekaligus merekrut calon pembelinya.

Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Tobing mengatakan dari tangan ketiganya petugas menyita total pecahan uang kertas palsu senilai Rp 70 juta rupiah.

“Mesin print pencetak, scanner penjiplak, serta bundel kertas HVS. Nilai tukar yang ditawarkan para tersangka sebesar Rp 2 juta rupiah untuk Rp 10 juta uang palsu," kata Martuasah, Senin (28/8/2017).

Sementara itu tersangka Syarifuddin Daulay mengaku mengedarkan uang palsu tersebut ditempat hiburan malam.

"Saya sudah beroperasi selama 1,5 bulan, jadi uang palsu itu digunakan untuk membeli sabu dan menjualnya kembali. Tutup Syarifuddin.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved