VIDEO

Di Hari Penyembelihan, Dinas Pertanian dan Perikanan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan ikut berpartisipasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan hewan kurban yang akan disembelih.

Laporan Wartawan Tribun Medan, M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dalam pelaksanaan kurban di hari Raya Idul Adha 1938 H di Masjid Agung Medan.

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan ikut berpartisipasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan hewan kurban yang akan disembelih.

Kabid peternakan dan kesehatan hewan Kota Medan, Dewi Nike Nainggolan, saat dijumpai di Masjid Agung Medan mengatakan dalam peninjauan ini, kita membawahi 21 Kecamatan dan menyebar petugas sekitar 100 orang ditambah 50 orang bantuan tenaga dari sekolah menengah peternakan di Medan.

Baca: Masjid Agung Sembelih 34 Ekor Sapi dan 26 Ekor Kambing, Tonton Videonya

Baca: Video Raline Shah Saksikan Pemotongan Kurban di Masjid Agung Medan, Begini Kesannya

"Jadi kita sebar para petugas di 21 Kecamatan. Kita sudah melakukan pemeriksaan antemortem (sebelum hewan mati) dan postmortem (sesudahnya)," kata Dewi di Masjid Agung Medan, Jumat (1/9/2017).

"Biasanya pemeriksaan yang kita lakukan seperti antermortem H-7 dan postmortem pada hari H dan H+1 dan H+2," tambahnya.

Dewi menuturkan sampai saat ini belum ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Namun ada laporan dari petugas bahwa ditemukan cacing pita di hati.

“Tetapi hal seperti ini biasa nanti tinggal buang saja cacingnya. Tadi kita menemukan ada dua hati sapi yang ada cacing pitanya,“ ujar Dewi.

Dewi menjelaskan bahwasannya cacing hati seperti cacing biasa pada usus juga, jadi hanya tinggal dibuang saja cacingnya, dan hatinya yang tidak terkena cacing masih bisa dikonsumsi.

“Untuk hati yang terkena cacing pita, tinggal dibuang saja cacingnya. Jadi dengan kata lain bila cacingnya sudah dibuang, masih aman dikonsumsi,“ Tutup Dewi.(*)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved