Kampus UMA Gelar Seminar Kerjasama Internasional Tingkatkan Kompetensi

Universitas Medan Area (UMA) kampus 1 di Jalan Kolam No1 Medan estate, Kota Medan memiliki kerjasama internasional meningkatkan kompetensi mahasiswa S

Kampus UMA Gelar Seminar Kerjasama Internasional Tingkatkan Kompetensi
Tribun Medan/Silfa
Suasana kampus I UMA di jalan Kolam No1 Medan estate/ Jalan Gedung PBSI, Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Universitas Medan Area (UMA) kampus 1 di Jalan Kolam No1 Medan estate, Kota Medan memiliki kerjasama internasional meningkatkan kompetensi mahasiswa S1 hingga S2.

Satu di antaranya kegiatan kerjasama  Magister Psikologi (MPsi)  Pascasarjana Universitas Medan Area (PPS UMA) menggelar “International Psychologi Education Counselling & Social Work Conference”.

Kegiatan diikuti enam negara itu dibuka Rektor UMA diwakili Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Prof Ir H Zulkarnain Lubis M, PhD itu menampilkan pembicara Alice Arianto (Inggris),  Prof Dr Sri Milfayetty, MS,Kons, S.Psi (Indonesia). Lalu ada Mdm Sheila Abdullah (Singapura), Dr. Perlis bin Buray (Malaysia), Dr. Kanlaya Daraha (Thailand) dan Mr. Dinyh Karim dari Brunei.

Baca: NEWSVIDEO: Seminar Ini Ajak Masyarakat Wujudkan Kedaulatan Pangan Demi Kemandirian Ekonomi

Direktur PPs UMA, Prof  Retno A Kuswardani mengatakan penandatanganan  naskah  kesepahaman tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu sebagai atmosfer akademik agar semakin  maju, khususnya Psikologi  PPs UMA. Apalagi saat ini PPs UMA memiliki pusat kajian psikologi.

“Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sebagai atmosfer akademik. Dan saat ini baru Magister Psikologi UMA yang melaksanakannya. Kita harapkan prodi lainnya menyusul,” ujarnya. 

Hal senada juga dikatakan Ketua Prodi MPsi Prof Sri Milfayetty. Menurutnya dengan adanya penandatanganan naskah kesepahaman maka kegiatan yang dilakukan Magister Psikologi bisa lebih banyak. 

Baca: Prodi Teknologi Hasil Pertanian Unika Seminarkan Inovasi Teknologi Pangan

“Dengan adanya Memorandumof Agreement (MoA) setiap tahun bisa kita lakukan  dan pelaksanaannya tergantung kesepakatan.Untuk tahap awal UMA sebagai penyelenggara,” ujar Prof Milfayetty seraya menambahkan  kegiatan tersebut dimasukkan ke jurnal sebagai upaya peningkatan jurnal terakreditasi  Dikti. 

Rektor Prof Dr  H A Ya’kub Matondang MA, menambahkan UMA juga meraih Akreditasi Instusi Perguruan Tinggi (AIPT) Dengan Predikat "B".

Kemudian UMA Meraih sertifikasi Penghargaan Sebagai PTS Sehat Kopertis Wilayah I Sumatera Utara. Pada Institusi dan setiap program studi Universitas Medan Area terakreditasi “B”.

Menurutnya  UMA termasuk bahkan mengalahkan 50 an PTS di Indonesia sebagai perguruan tinggi terbaik dan dengan akreditasi B untuk semua program studinya.

UMA masuk ranking ke-77 secara nasional perguruan tinggi terbaik dalam penilaian Webometrics. Standar tersebut menempatkan UMA sebagai perguruan tinggi berkaliber internasional.

"Jika skala nasional UMA nomor 77, namun untuk skala perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara, UMA meraih posisi kedua setelah Universitas Sumatera Utara (USU) atau nomor satu di jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumut," katanya.(*)

Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved