Baca Edisi Cetak Tribun Medan

Kepala Sekolah Terpaksa Terima Siswa Siluman, Disdik Minta Agar Siswa Tidak Diajar

SMAN 2 disebut-sebut menerima 180 siswa siluman. Sedangkan SMAN 13 kabarnya menerima 72 siswa bukan melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru online

Kepala Sekolah Terpaksa Terima Siswa Siluman, Disdik Minta Agar Siswa Tidak Diajar
Tribun Medan/Royandi
Satu Kelas yang berisi "Siswa Siluman" di SMAN 2 Medan, Selasa (29/9/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com-Inspektorat Sumatera Utara memanggil Kepala SMA Negeri 2 Medan dan Kepala SMA Negeri 13 Medan. Dua sekolah tersebut diduga menerima siswa melalui jalur ilegal atau biasa disebut siswa siluman.

SMAN 2 disebut-sebut menerima 180 siswa siluman. Sedangkan SMAN 13 kabarnya menerima 72 siswa bukan melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online.

Inspektorat memanggil kedua kepala sekolah tersebut, Kamis (31/8). Kepala SMAN 13 Medan Ramzah menghadiri pemanggilan tersebut di kantor Inspektorat Sumut. Sedangkan pihak SMAN 2 hanya mengutus Bendahara Komite Sekolah, Atan Makmur.

Sebelum melakukan pemeriksaan, Kepala Inspektorat Sumut OK Henry sempat berbincang singkat dengan inspektur, yang sudah memeriksa pihak dua sekolah tersebut, pihak Dinas Pendidikan, pihak SMAN 2 Medan dan pihak SMAN 13 Medan, dan pihak UPTD Dinas Pendidikan Sumut.

Kepala UPTD Pendidikan Medan Selatan Dinas Pendidikan Sumut Muhammad Zuhri Bintang mengatakan, kepala sekolah yang menerima siswa siluman tidak bersalah.

Menurutnya, para kepala sekolah tersebut didesak oleh orang-orang yang tidak bisa mereka tolak. Zuhri mengaku, sudah berbicara dengan Kepala SMAN 2 Medan Sutrisno, dan Kepala SMAN 13 Medan, yang bertugas saat penerimaan siswa baru, Nurhalimah kenapa sampai menerima siswa siluman.

"Saya sudah berbicara dengan kedua kepala sekolah itu. Sutrisno mengaku, tidak bisa menolak. Bu Nurhalimah Purba mengaku dipaksa, saat saya telepon. Kan Ibu Nurhalimah masih di Arab itu," ujarnya.

Baca: SMAN 3 dan SMAN 4 Bebas Siswa Siluman, Kepsek SMAN 2 Mangkir

Namun, Zuhri menyerahkan sepenuhnya permasalahan ini kepada Inspektorat Sumut.

"Kami serahkanlah hasilnya nanti kepada Inspektorat. Apapun itu, bukti dan berkas akan kita berikan semua kepada mereka," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved