YPSA Ajarkan Siswa Memaknai Bulan Zulhijah dengan Kepedulian

“Bulan Zulhijjah merupakan bulan yang dinantikan umat Islam. Sejarah mencatat berbagai peristiwa yang terjadi di bulan Zulhijjah.

YPSA Ajarkan Siswa Memaknai Bulan Zulhijah dengan Kepedulian
IST
Para siswa dan civitas akademika YPSA 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masjid Shafiyyatul Amaliyyah berhasil mengumpulkan hewan kurban untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha 1438 H sebanyak 14 ekor lembu dan 41 ekor kambing di Botanical Garden YPSA, Sabtu (2/9/17).

Ketua panitia pelaksana kegiatan Bagoes Maulana mengatakan bahwa rangkaian kegiatan bulan Zulhijah di YPSA merupakan pembelajaran bagi seluruh elemen masyarakat terutama siswa-siswi YPSA saat penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

“Bulan Zulhijah merupakan bulan yang dinantikan umat Islam. Sejarah mencatat berbagai peristiwa yang terjadi di bulan Zulhijah. Di antaranya adalah penyelenggaraan ibadah haji dan penyembelihan hewan Qurban”, jelas Bagoes.

Ia menambahkan, peserta kurban terdiri dari Pembina YPSA beserta keluarga ditambah dengan siswa, orangtua siswa, SDM YPSA dan masyarakat umum. Dengan penyelenggaraan kurban ini diharapkan siswa dapat memaknainya agar saling berbagi dan peduli menyempurnakan rasa syukur kepada Allah SWT.

Pembagian daging kurban dilaksanakan pada sore harinya dan diberikan kepada masyarakat sekitar, fakir miskin, SDM YPSA dan Panti Asuhan.

Sehari sebelum sebelum pemotongan hewan kurban, Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) melaksanakan Salat Idul Adha1438 H pada hari Jum'at tanggal 1 September 2017 yang dilaksanakan di lapangan hijau YPSA.

Baca: AKHIRNYA! Warga Enam Desa di Deliserdang dan Langkat Menikmati Lampu Penerangan

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1438 H di lapangan hijau YPSA dengan Imam dan Khatib Al-Ustaz Dr H Azhar Sitompul, dihadiri oleh civitas akademika YPSA dan warga sekitar YPSA.

Dalam khutbah dengan tema "Membangun Generasi Qur'ani" ustaz mengatakan, “Mari kita jadikan momentum hari raya kurban ini untuk tegak bersatu kokoh kembali sesama umat Islam khususnya dan umat manusia umumnya. Bila kita kaitkan dengan kemerdekaan dan NKRI, umat Islam adalah umat yang terdepan dahulunya sangat membenci penjajahan. Hari ini umat Islam jugalah yang menjadi garda terdepan pembela NKRI".

Baca: Ini Asal Usul Etnis Rohingya dan 6 Fakta yang Harus Anda Ketahui

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz, Ketua Umum YPSA Hj Rahmawaty, Sekretaris Umum YPSA Hj. Rizki Fadilah Raz, tampak menghadiri kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan di YPSA ini.(*)

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved