Masjid Gagasan Ahok Ini Berdiri di Lahan Eks Prostitusi Kalijodo, tapi Desainnya Bikin Jemaah Adem

Masjid di Kalijodo yakni Al-Mubarokah, kini rampung pembangunannya pada Selasa (26/9/2017).

Masjid Gagasan Ahok Ini Berdiri di Lahan Eks Prostitusi Kalijodo, tapi Desainnya Bikin Jemaah Adem
Warta Kota
Interior lampu dalam Masjid Al-Mubarokah di Jalan Tubagus Angke, Angke, Tambora, Jakarta Barat yang rampung didirikan dan akan diresmikan pada Selasa (3/10/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

TRIBUN-MEDAN.COM - Masjid di Kalijodo yakni Al-Mubarokah, kini rampung pembangunannya pada Selasa (26/9/2017).

Masjid yang berada di Jalan Tubagus Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat ini, menampilkan budaya Betawi modern, sehingga membuat suasana menjadi sejuk saat melaksanakan ibadah salat.

Hal itu, diungkapkan Sukur (31), pengunjung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Saat dia masuk ke dalam masjid yang diperkirakan luas bangunannya mencapai 550 meter persegi itu, sangat terasa sejuk.

Masjid ini digagas mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Suasana tampak depan Masjid Al-Mubarokah di Jalan Tubagus Angke, Angke, Tambora, Jakarta Barat yang rampung didirikan dan akan diresmikan pada Selasa (3/10/2017). (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)
Masjid Al-Mubarokah di Jalan Tubagus Angke, Angke, Tambora, Jakarta Barat yang rampung didirikan dan akan diresmikan pada Selasa (3/10/2017). (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan))

Warga Ciracas, Jakarta Timur serta berprofesi pegawai swasta di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat ini, mengakui, baru kali ini menyambangi masjid dengan arsitektur bangunannya terlihat unik dari luar dan dalamnya.

"Saya shalat di sini sama istri dan saya karena memang habis berkunjung ke RTH Kalijodo ya. Datang ke sini, lihat masjid ini. Ternyata masjid ini baru selesai dibangun. Bangunannya jikalau pendapat saya ya unik pak. Sejuk. Dibilang jika masjid ini nuansa betawinya berasa, memang terlihat sekali betawinya ya. Enggak norak juga pak. Rapi, dan memang bagian luarnya tadi di depan saya lihat masih ada yang dirapikan ya sama pekerja bangunan. Bagus pak, sejuk dan mau tidur di sini rasanya. Ha-ha-ha-," paparnya.

Sementara itu, salah seorang warga di wilayah Tambora, Jakarta Barat, Jainal (41), mengakui, masjid Al-Mubarokah dahulunya terlihat rapuh.

Design Masjid Jami Al Mubarokah yang terletak di seberang RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat. (Istimewa)(Kompas.com/Sherly Puspita)
Design Masjid Jami Al Mubarokah yang terletak di seberang RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat. (Istimewa)(Kompas.com/Sherly Puspita) ()

Bahkan kurang diminati warga untuk menjalani ibadah salat.

Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved