Pendaftaran Calon Sekda Diperpanjang

belum satu pun yang mendaftar sebagai bakal calon Jabatan Pimpinan Tinggi Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekretaris Daerah.

Pendaftaran Calon Sekda Diperpanjang
tribun medan
Kepala BKD Pemko Siantar Zainal Siahaan diwawancarai usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPRD, Senin (18/9/2017) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Hingga ditutupnya pendaftaran tahap pertama pada 20 September lalu, belum satu pun yang mendaftar sebagai bakal calon Jabatan Pimpinan Tinggi Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekretaris Daerah.

Tim Panitia Seleksi Terbuka, Robert Siregar, yang juga Direkur Pasca Sarjana Universitas Simalungun, membenarkan bahwa hingga saat ini belum ada yang mendaftar. Padahal seleksi terbuka ini sudah dipublikasikan secara menyeluruh untuk Sumatera Utara.

"Informasi terkini yang kami dapat dari sekretariat seleksi Pak Simarmata, belum ada satu pun yang mendaftar. Itu nanti diperpanjang sampai 5 Oktober 2017 mendatang," ungkapanya, Rabu (27/9).

Robert menjelaskan, bahwa dirinya tidak bisa menjelaskan mengapa hingga kini belum ada yang mau mencoba Jabatan Pimpinan Tinggi ASN Sekda Kota Pematangsiantar. Katanya, pihaknya hanya bertugas menseleksi sesuai sistem mekanisme yang sudah ditentukan dari kesekretariatan.

Baca: Penonjoban Pejabat Struktural Pemko Siantar, Ini Penjelasan Sekda Resman Panjaitan

Baca: ANEH! Tak Ada PNS Yang Mendaftar Lelang Jabatan Sekda Siantar, Apa Sebabnya?

"Kalau masalah belum ada yang mendaftar itu saya tidak bisa menjelaskan alasan kenapa. Kan kami hanya panitia untuk menseleksi. Permasalah syarat tertentu juga bukan kami yang menentukan, tapi udah ada diatur sesuai undang-undang terbaru. Tanya aja lah kesekretariatan pak T Simarmata," ujarnya.

Sekretaris Badan Kepagawaian Daerah, T Simarmata diwawancarai malah mengaku tim pansel lah yang menentukan syarat seleksi terbuka sSekda. Pihaknya hanya bersifat membantu mekanisme seleksi terbuka.

"Itu bukan kami yang menentukam syarat. Itu ya Tim Pansel yang mengonsepnya. Mereka yang menentukan. Kalau kami sekretariatan sifatnya hanya sebagai membantu seleksi terbuka. Kalau bahasa gampang, Pak Wali Kota butuh Sekda, terus ya dimintanya lah sama tim pansel untuk memilih Sekda. Dan itu ya gak bisa suka-suka, harus sesuai peraturan yang berlaku," ujarnya. 

Kepala Badan Kepagawaian Daerah Zainal Siahaan sebelumnya membeberkan, bahwa ada sekitar 15 orang yang berpeluang mendaftar Sekda sesuai usia dan pangkat jabatan sesuai peraturan. Namun dia tak mau merinci siapa saja ke-15 nama tersebut. 

Baca: Saat Sekda Siantar Punya Tiga Unit Mobil Dinas Masih Banyak SKPD yang Tak Punya

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Pematangsiantar T Simarmata, menjelaskan lewat pengumuman, bahwa sesuai peraturan pendaftar calon Sekda harus sesuai syarat.

Untuk mengikuti pendaftaran ini tentu harus menyertakan semua dokumen yang dibutuhkan antara lain surat lamaran harus dituliskan dengan tinta hitam diatas materai Rp 6.000 yang ditunjukkan kepada panitia seleksi JPT Sekda yang diketuai Kaiman Turnip. 

Lampirannya beragam dokumen keterangan diri seperti SK kepangkatan terakhir, foto copy e KTP, foto copy Ijazah dan lainnya. Surat lamaran beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup dan dikirimkan kepada panitia seleksi JPT Pemko Pematangsiantar atau BKD Kota Pematangsiantar Jalan Merdeka Nomor 04. Batas waktunya pendaftaran 20 September 2017 pukul 16.00 WIB.

Sedangkan bagi yang mendaftarkan melalui email, caranya adalah hasil scan surat lamaran yang tertulis, kemudian dimasukkan ke dalam satu folder winrar dan folder winrar tersebut diberikan nama sesuai dengan nama pelamar dan dikirim ke alamat email, seleksi.sekda.psiantar@gmail. com.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved