Mendaftar pada Menit-menit Akhir, Berkas Partai Idaman Akhirnya Diterima KPU

Tiga partai yang sebelumnya terlambat daftar, yakni Parsindo, PPPI dan Partai Idaman masuk dalam 21 partai yang diterima berkasnya.

Mendaftar pada Menit-menit Akhir, Berkas Partai Idaman Akhirnya Diterima KPU
Tribun Medan/Dedy
Pengurus Partai Islam Damai Aman saat menyerahkan berkas ke KPU Pematangsiantar 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar telah menerima dokumen Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) persyaratan sebagai calon peserta pemilu 2019.

Teranyar, 21 Partai Politik resmi menyerahkan data yang dibuka sejak tanggal 3 Oktober 2017 hingga 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB.

Ketua KPU Daerah Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba mengatakan, hingga batas pendaftaran penyerahan Sipol ditutup, sesuai surat nomor 585 KPU RI, ada 21 partai yang sudah mendaftar.

Tiga partai yang sebelumnya terlambat daftar, yakni Parsindo, PPPI dan Partai Idaman masuk dalam 21 partai yang diterima berkasnya.

Baca: Partai Pengusaha dan Pekerja Dinyatakan Tak Penuhi Persyaratan

"Total semua dokumen Sipol ke KPU ada 21 partai yang menyerahkan dan kami terima. Total 21 partai serahkan pendaftar penyerahan Sipol. Namun 4 partai kami nyatakan tidak lengkap yaitu Parsindo, P3I, Partai Kerja Indonesia (PIKA) dan Partai Republik. Begitu pun tetap kami terima sesuai surat 585 KPU RI, " katanya Rabu sore (18/10/2017).

Lanjut Mangasi, khusus Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (P3I) berkas tidak lengkap, apalagi data Sipol KPU RI P3I mereka belum terdata.

Namun tetap diterima lantaran jumlah data Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka berjumlah 288 dan memenuhi syarat minimal, yakni 281 sesuai aturan KPU 1 per 1.000 dibagi jumlah penduduk Kota Pematangsiantar.

Partai Islam Damai Aman (Idaman) besutan legenda dangdut Indonesia, Rhoma Irama jadi partai terakhir yang mendaftar, satu menit jelang ditutup resmi pukul 24.00 WIB, 17 Oktober 2017.

Partai Idaman membuktikan optimistis mereka bisa jadi peserta pemilu 2019, meski terlambat dan sempat disuruh pulang oleh KPU mencari KTA dan KTP yang kurang.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Idaman, Raja Ridwan yang sempat disuruh oleh KPU pulang untuk melengkapi bersama pengurus lainnya optimistis bisa menjadi calon peserta pemilu 2019 di Kota Pematangsiantar.

"Ya harus optimis lah. Ini kita kembali untuk melengkapi. Dan harus bisa dilengkapi. Kita optimis," kata Raja.

Ia membuktikan pernyataannya yang optimistis bisa menjadi calon peserta pemilu 2019 di Kota Pematangsiantar.

"Ya harus optimis lah. Ini kita kembali untuk melengkapi dan harus bisa dilengkapi. Kita optimis," kata Raja.(*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved