Kasus Korupsi Pelaksanaan MTQ Sumut akan Disidang, Jaksa Susun Surat Dakwaan 2 Tersangka

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Pidana Khusus Kejari Asahan sejak setahun lalu

Kasus Korupsi Pelaksanaan MTQ Sumut akan Disidang, Jaksa Susun Surat Dakwaan 2 Tersangka
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara tengah fokus melakukan penyusunan surat dakwaan milik dua orang tersangka terduga korupsi pelaksanaan MTQ ke-35 Sumut.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas (Kasipenkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan surat dakwaan yang dalam proses penyusunan itu milik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Muhammad Sofyan dan Kepala Bagian (Kabag) di Pemkab Asahan, Darwin Pane.

"Saat ini tim tengah melakukan penyusunan surat dakwaan untuk dua tersangka yang sudah ditahan tersebut," kata Sumanggar, Minggu (22/10/2017).

Baca: Siapa Sosok Pilihan Gerindra di Pilkada Gubernur? Daftarnya di Tangan Prabowo, Ini Bocoran Fadli Zon

Baca: Itu Hashim, Ternyata Bukan Prabowo, Begini Reaksi Warga di Apel Siaga Relawan Romo Centre

Lebih lanjut, Sumanggar menjelaskan sebelum dilakukan penahanan, keduanya telah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Asahan sejak setahun lalu.

"Sekarang tim sedang bekerja untuk menyelesaikan seluruh berkas agar dapat segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Medan untuk secepatnya disidangkan," sebutnya.

Pelaksanaan MTQ ke-35 Sumut berlangsung tahun pada 2015 lalu di Kabupaten Asahan. Setelah dilakukan penyelidikan ditemukan kemahalan harga (mark-up) dan adanya ketidaksesuain peruntukan pada pelaksanaan MTQ tersebut.

"Ditemukan kerugian negara sebesar Rp 487 juta. Total anggaran pelaksanaan MTQ tersebut mencapai Rp 9 miliar, dengan rincian Rp 2 miliar bersumber dari APBD Sumut dan dari APBD Asahan sebesar Rp 7 miliar," ungkapnya.(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved