Ini Penyebab Kerusakan Pipa PDAM Tirtanadi, yang Membuat Krisis Air

Secara teknis, penyebab rusaknya pipa adalah terjadinya lonjakan air atau tekanan secara tiba-tiba yang disebut juga water hummer

Ini Penyebab Kerusakan Pipa PDAM Tirtanadi, yang Membuat Krisis Air
PDAM Tirtanadi Medan bekerja ekstra keras, memperbaiki kerusakan pipa induk berdiameter 1.000 mm yang berlokasi di Jalan Stasiun Kereta Api Duren/Jalan Purwo Gang Anyelir.(TRIBUN MEDAN/ Ryan A Juskal) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi, Delviyandri mengatakan, mengenai penyebab kerusakan pipa, dikatakan, itu adalah karena adanya semacam water hummer yang membuat pipa dari bahan fiber itu rusak.

"Secara teknis, penyebab rusaknya pipa adalah terjadinya lonjakan air atau tekanan secara tiba-tiba yang disebut juga water hummer. Ini bisa disebabkan matinya aliran listrik sehingga aliran air terhenti secara tiba-tiba dan kemudian hidup kembali menggunakan genset," kata Delviyandri, Senin (23/10/2017).

Baca: Nongkrong yang Tak Bikin Kantong Bolong, Seperti Ini yang Ditawarkan LJ Hotel

Baca: Kerusakan Pipa di Jalan Stasiun Kereta Api Duren, Begini Kerja Keras PDAM Tirtanadi

Dikatakannya, aliran air yang berjalan tiba-tiba mengakibatkan goncangan dalam pipa. Padahal pipa yang terbuat dari fiber itu rentan goncangan tiba-tiba maka terjadilah kebocoran.

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi lagi, dikatakan Delvriandi, salah satu upaya yang mungkin dilakukan adalah relokasi pipa.

"Ke depan mungkin akan ada upaya relokasi pipa sekaligus mengganti bahan pipa. Ini tentu membutuhkan biaya sangat mahal, tapi tentu saja tetap harus dipikirkan," katanya

Ditambahkannya, dalam proses perbaikan pipa yang mengakibatkan bangunan rumah rusak, pihak PDAM Tirtanadi tetap membantu yang punya bangunan.(raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved