Baru Dirilis, Mengapa Banyak iPhone 8 yang Dijual Pemiliknya?

Jumlah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dilego pemiliknya ke Decluttr lebih banyak dibandingkan model-model iPhone sebelumnya.

Baru Dirilis, Mengapa Banyak iPhone 8 yang Dijual Pemiliknya?
The Star
Mazen Kourouche, pembeli pertama iPhone 8 di Sydney, Australia. 

TRIBUN-MEDAN.com-iPhone 8 dan iPhone 8 Plus baru dirilis enam pekan lalu pada September 2017, namun sejumlah pemiliknya sudah berminat melepas perangkat-perangkat tersebut untuk ditukar dengan iPhone X.

Setidaknya begitulah menurut pengamatan Decluttr.com, sebuah situs jual beli perangkat elektronik bekas yang beroperasi di Amerika Serikat dan Inggris.

Jumlah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dilego pemiliknya ke Decluttr lebih banyak dibandingkan model-model iPhone sebelumnya, sehingga mengagetkan pengelola situs yang bersangkutan.

“Kami pikir orang-orang hanya akan menjual iPhone 7 (untuk membeli iPhone X), tapi sepertinya para pemilik iPhone 8 tidak puas dengan perangkat itu,” ujar digital marketing manager Decluttr James Bell.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kami belum pernah mendapati iPhone sebanyak itu coba dijual oleh pemilknya dalam waktu sebulan setelah rilis,” imbuh Bell, sebagaimana dirangkum KompasTekno dariPhone Arena, Selasa (31/10/2017).

Dclutter mengatakan, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menyumbang kontribusi 7 persen dari jumlah smartphone yang dibeli oleh situs tersebut bulan lalu. Kontribusi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di periode yang sama tahun lalu jauh lebih sedikit, yakni 1 persen.

Kenapa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus lebih cepat dijual kembali oleh pemiliknya dalam waktu relatif singkat setelah dibeli? Bell mengatakan, penyebab utamanya tak lain merupakan iPhone X yang akan segera rilis ke pasaran pekan ini.

“Konsumen kami merasa iPhone 8 sangat mirip dengan iPhone 7. Mereka ingin merasakan teknologi face recognition (di iPhone X), apalagi iPhone X kemungkinan akan berjumlah terbatas,” terang Bell.

Decluttr sendiri menawarkan harga beli sebesar 430 dollar AS untuk iPhone 8 64 GB, sementara model 256 GB dihargai 450 dollar AS. Untuk iPhone 8 Plus, Decluttr mematok harga beli 525 dollar AS (64 GB) dan 600 dollar AS (256 GB). Semua harga berlaku untuk ponsel dalam kondisi baik dan normal. (Oik Yusuf)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Dirilis, iPhone 8 Banyak Dijual Pemilik."

Editor: Liston Damanik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved