Breaking News:

Edisi Cetak Tribun Medan

Buka Munas Ke-10 KAHMI di Hotel Santika, Jokowi Santap Ubi Tumbuk dan Arsik Gembung

Presiden Joko Widodo menyantap menu daun ubi tumbuk, arsik gembung dan genjer belacan saat mampir di Restoran Budaya

TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Dari kiri: Presiden RI Joko Widodo, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud M.D, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung serta Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi memukul Gordang Sembilan tanda dibukanya Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke-10 di Hotel Santika Dyandra, Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/11/2017). Dalam kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo menetapkan Lafran Pane yang merupakan pendiri HMI sebagai pahlawan nasional. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Presiden Joko Widodo menyantap menu daun ubi tumbuk, arsik gembung dan genjer belacan saat mampir di Restoran Budaya di Jalan Tanjung Morawa, kilometer 12,5 Medan.

Jokowi menyantap makan siang di restoran tersebut, sebelum membuka Munas Ke-10 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jalan Pengadilan, Kota Medan, Jumat (17/11/2017).

Adapun menu yang disajikan pihak restoran terhadap rombongan Presiden adalah ayam goreng budaya, ayam budaya, daun ubi tumbuk, arsik gembung, kerapu bakar gecap, gurame sambal mata, genjer belacan, tempe mendoan, tempe bacem, krupuk (Ccmpliment) serta minuman irisan buah segar campur, jus jeruk dan lemon tea panas.

Baca: Buka Munas KAHMI, Presiden Joko Widodo Ungkap Alasan Prof Dr Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional

Manajer Restoran Budaya, Wahyudin M Nur, menuturkan semua menu makanan yang disiapkan untuk Presiden dan rombongan sama dengan yang disajikan kepada tamu lain, seperti Paspampres dan tamu dari Pemerintahan Provinsi Sumut dan Pemerintahan Kota Medan.

"Hanya minuman yang berbeda. Karena, Presiden minta tiga menu minuman, sedangkan tamu lain kami sajikan empat minuman andalan restoran," katanya.

Adapun empat menu minuman tersebut, yakni es kelapa gelas, jus sirsak, jus jeruk, jus alpukat dan kurnia spesial. Sedangkan untuk Presiden ada buah segar campur, jus jeruk dan lemon tea panas.

Baca: Hadiri Munas KAHMI, Presiden Jokowi Cerita Marga hingga Perekonomian Indonesia

Ia menambahkan, Presiden tidak melarang pengunjung tetap masuk restoran, saat ia dan rombongan makan siang.

"Ya, pengunjung datang seperti biasa, tidak ada larangan untuk memilih tempat duduk atau memilih makanan. Pengunjung tetap bisa makan, tanpa ada batasan waktu atau tidak di tutup selama Presiden ada di restor," katanya.

Baca: Ditanya Kapan Jenguk Tersangka Setya Novanto, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Jangan Gerus Ideologi
Menanggapi pernyataan Presiden, yang menyatakan akan membangun kerja sama dengan negara-negara Timur Tengah, Ketua Majelis Presidium KAHMI Mahfud MD mengingatkan, agar dalam membangun hubungan dengan negara-negara lain tidak menggerus ideologi bangsa Indonesia.

"Jadi bagus, menurut saya, bisa diteruskan, kerja sama negara ini boleh dengan mana saja, boleh dengan Cina, boleh dengan Arab, Amerika, Jerman. Terbuka, bebas aktif kita, asal ideologi kita jangan tergerus," kata Mahfud usai pembukaan Munas KAHMI Ke-10, kemarin.

Selain mengingatkan soal ideologi, Mahfud juga menegaskan tentang penguasaan sumber daya alam. Mahfud mengatakan, bahwa pengelolaan sumber daya alam di Indonesia harus menunjukkan keberpihakan kepada bangsa sendiri.

"Sumber daya alam kita jangan sampai hanya dinikmati orang-orang asing, harus memihak kepada bangsa sendiri setiap upaya pembangunan itu," katanya. Mahfud mendukung langkah Presiden Jokowi membangun hubungan dengan banyak negara, terutama dengan negara-negara Timur Tengah sebagaimana penuturan Presiden Jokowi.

"Ya, bagus dong. Negara Timur Tengah itu mungkin punya kesamaan emosional keagamaan dengan rakyat indonesia, meskipun gerakannya tidak sama, ideologinya tidak sama. Tapi, secara budaya keagamaan itu kan sama aja," katanya.(raj)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved