Breaking News:

Dairi Unggul

Eddy Berutu Rencana Promosikan Hasil Tani Lewat Market Place Lalu Bangun Situs Sendiri

Bakal calon bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mmiliki terobosan baru untuk kesejahteraan petani di Kabupaten Dairi.

Bakal Calon Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat menyapa warga di rumahnya, Kabupaten Dairi, waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Bakal calon bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mmiliki terobosan baru untuk kesejahteraan petani di Kabupaten Dairi.

Pengusaha tamatan Insitut Teknik Bandung (ITB) ini mengungkapkan program pemberdayaan masyarakat desa dengan sisten teknologi.

Ia akan mengarahkan sistem penjualan hasil tani lewat unit kegiatan masyarakat (UKM) berbasis dalam jaringan (daring). Bahkan, ia berpikir untuk mendirikan sebuah situs jual-beli yang dikelola pemerintah.

"Di era digital saat ini, peluang usaha terbuka luas, bisa dilakukan siapa saja, dimana saja dan potensinya sangat besar, hanya butuh kemauan dan keseriusan dari pemerintah sebagai regulator dan pemilik sumber daya terbesar di APBD dan diluar APBD," tutur Eddy, Senin (20/11/2017).

Namun, sebelum mendirikan situs jual-beli sendiri, Dr Eddy mengarahkan para petani untuk memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia.

Melalui itu, masyarakat akan terbiasa dengan teknologi. Ia menjamin dengan hasil tani yang bagus dapat meningkatkan jumlah pemasukan petani.

"Dengan transformasi digital diharapkan masyarakat bergerak dari marketplace yang kita bahas tadi menjadi sisitem website atau situs sendiri, semakin teknis semakin efektif,"ungkapnya.

"Berdasarkan data BPS untuk UKM, potensi besar saat ini untuk industri makanan dan minuman, kita memiliki bahan baku seperti durian, jeruk, sayur mayur dan kopi lebih dari cukup. Yang pasti kalau sudah diolah, nilai lebih nya pasti ada, mutu yang lebih baik dan harga yang kompetitif diharapkan mampu bersaing dengan produk asing, dan setidaknya bersaing di pasar dalam negeri. Maka harus kita galakkan dari potensi kita, supaya perputaran uang di daerah kita,"pungkasnya. (tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved