Ternyata Jus Buah Tidak Baik untuk Bayi Usia Kurang dari Setahun

"Jus buah ibarat pedang bermata dua, bisa membuat bayi obesitas atau pun gizi buruk," kata dr.Klara Yuliarti.

Ternyata Jus Buah Tidak Baik untuk Bayi Usia Kurang dari Setahun
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com-Setelah bayi mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) para orangtua pada umumnya memasukkan jus buah dalam pola makan buah hatinya. Padahal, jus buah tidak direkomendasikan untuk bayi.

"Jus buah ibarat pedang bermata dua, bisa membuat bayi obesitas atau pun gizi buruk," kata dr.Klara Yuliarti, Sp.A, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam acara media edukasi bertajuk "Dampak Jangka Panjang Obesitas Anak," di Jakarta (20/11/2017).

Klara menjelaskan, masalah gizi yang sering dihadapi bayi di Indonesia adalah gizi kurang, dibandingkan obesitas.

"Minum jus buah membuat anak jadi kenyang sehingga tidak mau makan lagi, padahal bayi kapasitas lambungnya kecil. Karena sudah terlanjur kenyang, bayi yang seharusnya makan bubur daging jadi tidak mau," ujar dokter anak yang ahli di bidang nutrisi dan metabolik ini.

Ia menambahkan, jus buah tidak memiliki kandungan protein, padahal bayi sangat membutuhkan protein dan zat besi. "Isinya hanya gula, air dan serat. Gulanya dalam bentuk gula buah," ujarnya.

Selain itu, lanjut Klara, bayi belum terlalu membutuhkan serat. "Minum jus sama dengan mengasup kalori lebih banyak. Seratnya juga umumnya banyak terbuang saat membuat jus," katanya.

Sebagai camilan, lebih disarankan jika buah diberikan dalam bentuk puree atau buah yang dicacah kecil tanpa tambahan gula. (Lusia Kus Anna)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved