Piala Dunia 2018

Italia Berpeluang Tampil di Piala Dunia 2018, Gantikan Peru yang Dianggap FIFA Bermasalah

Timnas Italia masih memiliki sedikit harapan untuk tampil pada Piala Dunia 2018.

Italia Berpeluang Tampil di Piala Dunia 2018, Gantikan Peru yang Dianggap FIFA Bermasalah
Daily Mirror
Pemain Italia menangis usai pertandingan melawan Swedia di San Siro, Italia, Selasa (14/11/2017) dini hari tadi. Laga berakhir dengan skor 0-0, tapi Swedia yang pada pertandingan sebelumnya menang atas Italia 1-0, berhak lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia (Agregat 1-0). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Timnas Italia masih memiliki sedikit harapan untuk tampil pada Piala Dunia 2018. Kabar itu muncul setelah terjadi gonjang-ganjing di Peru, negara terakhir yang memastikan diri lolos ke Rusia untuk musim panas 2018.

Anggota dewan di Peru menuntut mengambil alih kendali federasi sepak bola hingga terpilih pemimpin baru. Namun, hal itu sebenarnya tak diizinkan oleh federasi sepak bola dunia, FIFA.

FIFA melarang federasi sepak bola sebuah negara dikendalikan oleh badan eksekutif pemerintahan. Kasus itu mirip dengan yang pernah dialami Indonesia beberapa waktu lalu sehingga kompetisi dibekukan oleh FIFA.

Tampaknya Peru juga di ambang periode kelam seperti Indonesia. Dampaknya, negara tersebut bisa saja gagal melaju ke Piala Dunia 2018 jika tak menuruti aturan FIFA.

Andai kondisi itu berlanjut hingga menjadi lebih buruk, bukan mustahil Italia yang akan mengambil keuntungan.

FIFA memiliki hak istimewa untuk menentukan siapa yang layak mengisi satu slot kosong bila Peru mendapat hukuman tak bisa ambil bagian dalam event empat tahunan tersebut. Mereka boleh menunjuk negara manapun tanpa harus berdiskusi dengan badan-badan lain.

Italia menjadi kandidat terdepan mengingat ini adalah kegagalan pertama Gli Azzurri sejak 1958. Juara Copa America, Cile, dan Belanda juga memiliki kans untuk menggantikan Peru karena memiliki tim yang terbilang kompetitif.(*)

Editor: Salomo Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved