Baca Edisi Cetak Tribun Medan

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Silangit Berbasis Digital

"Bapak Presiden akan meresmikan bandata ini, hari Jumat. Bandara ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas digital."

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Silangit Berbasis Digital
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Petugas keamanan Bandara Silangit bersama Personil TNI melakukan pemeriksaan sejak pagi di Pintu Gerbang Bandara, Jumat (24/11/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIBORONGBORONG-Sehari sebelum menghadiri pesta ada penikahan putri semata wayangnya Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Internasional Silangit di Siborongboraong, Tapanuli Utara, Jumat (24/11/2017).

Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joowi beserta rombongan take of menuju Bandara Silangit, menggunakan pesawat khusus jenis RJ-85 milik PT Pelita Air.

Terkait peresmian tersebut, pasukan pengamanan telah dipersiapkan panitia di Bandara Internasional Silangit, kemarin. Kepala Bandara Internasional Silangit Hotasi Manalu mengatakan, peresmian tersebut rencananya dilakukan pukul 08.00 WIB.

"Bapak Presiden akan meresmikan bandata ini, hari Jumat. Bandara ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas digital," kata Hotasi

. Ia menambahkan, Bandara Silangit mempunyai kapasitas 500 ribu penumpang. Bandara tersebut juga dilengkapi fasilitas custom, immigration, quarantine (CIQ), runway dengan panjang 2.650 meter dan lebar 30 meter, serta pavement classification number (PCN), yang bisa mengakomodasi pesawat jenis Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Dalam upaya meningkatkan kepuasan penumpang, otoritas bandara juga mengimplementasikan fitur smart airport menggunakan teknologi digital. Teknologi digital yang disediakan berupa wifi gratis, display jadwal bus dan penerbangan, e-payment, mesin tiket bus, e-kiosk informasi turis, self check-in, serta berbagai fitur digital lainnya.

Uniknya, kata Hotasi, otoritas bandara menciptakan journey experience dan memberikan kepuasan kepada para wisman guna melengkapi perjalanan mereka.

Wisman dapat menikmati soft infrastructure melalui digitalisasi layanan.

Selain itu, di Bandara Silangit juga ada tourism information kiosk. Kios tersebut menyediakan informasi tentang lokasi pariwisata.

Penumpang atau wisman dapat membuka aplikasi Indonesia Airports di smartphone untuk mengetahui jadwal penerbangan.

Halaman
123
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved