Tribun Millennial

Lebih Suka Travelling dibanding Shopping

Di Indonesia, travelling telah menjadi tren yang digemari kaum muda, terlebih oleh generasi millennial.

Lebih Suka Travelling dibanding Shopping
IST
Dinda Destary saat mengunjungi Tembok China 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Di Indonesia, travelling telah menjadi tren yang digemari kaum muda, terlebih oleh generasi millennial. Mereka tidak segan menghabiskan uang untuk melakukan perjalanan daripada berbelanja. Menteri Keuangan Sri Mulyani bahkan menyatakan kebingungannya terhadap generasi millennial yang tidak begitu suka berbelanja dan tentunya berpengaruh pada anomali perekonomian Indonesia.

Menurut survei yang dilakukan oleh Airbnb pada tahun 2016, generasi millennial lebih tertarik menghabiskan uangnya untuk travelling. Kebanyakan dari mereka bahkan lebih rela menghabiskan uang untuk melakukan perjalanan dibanding membayar utang, membeli mobil atau mencicil rumah. Hal ini dikarenakan generasi millennial lebih tertarik menambah pengalaman dari tempat-tempat yang baru mereka datangi.

Sesuai dengan survei tersebut, seorang mengaku lebih menggemari travelling adalah Roza Rezeki Zulwita. Perempuan berhijab ini mengaku lebih menyukai travelling karena dirinya bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca: Lolos ke Liga 1, Pemain Persebaya Penuhi Nazar Gunduli Kepala

"Aku lebih suka travelling karena dari setiap tempat yang aku datangi, kita bisa dapat teman baru, pengalaman baru, ilmu baru dan yang lainnya. Pengalamannya itu lebih berharga. Kalau shopping atau belanja kan uangnya sebatas untuk membeli barang saja, setelah itu ya sudah. Kepuasannya cuma sebentar," katanya kepada Tribun Medan pada Minggu (26/11).

Sejauh ini, perempuan yang akrab disapa Oza tersebut sudah pergi ke berbagai tempat, di antaranya Kota Padang, Jakarta dan mengelilingi Aceh.

"Aku juga suka naik gunung. Aku pernah ke Gunung Sibayak, ke Gunung Sinabung waktu sebelum erupsi, Gunung Barus. Ke Air Terjun Dwi Warna juga pernah sebelum ditutup. Jadi kalau ada yang nanya sudah pernah ke Dwi Warna? Aku bisa jawab gimana pemandangan di sana," ujarnya.

Masih menurut survei Airbnb, selain mempelajari kebudayaan, mencicipi makanan khas setiap tempat yang dikunjungi adalah tujuan dari anak muda saat travelling.

Baca: Ujicoba Nuklir Korea Utara Dibayar Mahal, Puluhan Orang Tewas Akibat Reruntuhan

Tren travelling mulai dijangkiti kaum muda juga dikarenakan penggunaan internet yang dapat membuat mereka lebih bisa mengeksplor daerah-daerah baru sebagai referensi.

Airbnb juga menyebut, generasi millennial lebih menyukai perjalanan yang menantang dan bersifat personal. Hal ini disebabkan oleh keinginan mereka untuk memiliki pengalaman yang unik di dalam hidup mereka.(cr5)

Sobat muda, untuk berita versi lengkapnya, bisa kalian baca di harian Tribun Medan, edisi Senin (27/11/2017)

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved