Breaking News:

Dr Eddy Gagas Mardemban Masal di Pesta Tugu Silalahi, Ini Tujuannya

Bakal Calon Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang menggagas "Mardemban Masal"

Tribun Medan
Bakal Calon Bupati Dairi mengenakan kaus biru, Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama istrinya, Romy Frida Simarmata berbincang dengan ketua panitia Pesta Tugu Silalahisabungan, Johanes Silalahi, kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Bakal Calon Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang menggagas "Mardemban Masal" (makan sirih masal) hingga memecahkan museum rekor Indonesia (Muri) menjadi hal baru dalam pesta Tugu Silalahisabungan yang telah berlangsung selama 37 kali.

Pengusaha di bidang keuangan ini mengatakan acara Partangiangan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan 2017 Bolahan Amak Tungkir Raja (Pesta Tugu Silalahi) yang berkesinambungan dapat meningkatkan pariwisata. Apalagi, dengan membuat sebuah rekor.

“Kita ingin mempromosikan kebiasaan dan tradisi para orang tua dan leluhur kita, salah satunya adalah marnapuran atau mardemban, ini sejak dulu-dulu sudah dilakukan dan dengan terobosan ini tradisi ini bisa-bisa mendunia”, ujar Dr Eddy Berutu, Senin (27/11/2017).

Melihat antusias peserta yang berkontribusi, bakal calon bupati tersebut semakin optimis.

"Jika masyarakat mempercayakan kita memimpin Dairi lima tahun kedepan, target kita adalah mempromosikan tradisi-tradis yang lain melalui even budaya, kita akan bekerja keras untuk itu,"tambahnya.

Menurut Eddy, tradisi dan kebiasaan yang masih kita rawat ini akan menjadi keunggulan pariwisata ditambah sertifikat Muri tersebut. Diketahui, Pesta Tugu Silalahisabungan diikuti lebih dari enam ribu peserta "Mardemban".

"Target kedepan adalah wisatawan mancanegara,"pungkasnya.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved