Breaking News:

Produk Ponsel Berkelas Xiaomi Siap Masuk Indonesia, Alasannya Masuk Akal

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal sebesar 30 persen untuk ponsel-ponsel 4G yang dipasarkan di Indonesia.

Editor: Salomo Tarigan
ist
Xiaomi Mi A1 

TRIBUN-MEDAN.COM - Laporan lembaga riset pasar IDC untuk kuartal III 2017 menunjukkan bahwa Xiaomi sudah masuk daftar 5 besar pabrikan smartphone di Indonesia. Namun, selama ini pabrikan asal China itu hanya mengandalkan perangkat-perangkat kelas bawah dan menengah di pasaran Indonesia.

Konsumen gadget Tanah Air hanya bisa bermimpi untuk memperoleh smartphone flagship Xiaomi macam seri Mi Mix 2 yang memiliki layar bezel-less dan Mi 6 lewat jalur resmi.

Dalam sesi tanya jawab di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Selasa (5/12/2017), CEO Xiaomi Lei Junmenerangkan alasannya.  “Tantangan utama di Indonesia adalah keharusan untuk memanufaktur perangkat secara lokal,” ujarnya.

Jun mengacu pada persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal sebesar 30 persen untuk ponsel-ponsel 4G yang dipasarkan di Indonesia.

Konon Xiaomi sempat terbentur persyaratan ini sebelum akhirnya menjalin kerja sama dengan PT Sat Nusapersada untuk memenuhi persyaratan TKDN lewat jalur manufaktur hardware.

Baca: Setya Novanto Akhirnya Mundur dari Ketua DPR, Golkar Siapkan Aziz Syamsuddin Penggantinya

Baca: Pelatih Persib Bandung Incar Pemain Muda, Henhen Herdiana Langsung Merespons

Persoalannya, menurut Jun, saat ini masih sulit untuk memproduksi ponsel-ponsel flagship Xiaomi secara lokal di fasilitas manufaktur di Indonesia. “Jadi, local manufacturing di Indonesia mesti ditingkatkan dulu,” imbuh Jun.

Indonesia sendiri menurut Jun adalah wilayah yang sangat penting untuk upaya ekspansi pasar Xiaomi di luar China. Sebab itulah Jun berencana kembali lagi ke Indonesia pada pertengahan bulan Desember ini, setelah sebelumnya sempat berkunjung pada September.

Jun ingin turun langsung ke lapangan untuk mengetahui situasi dan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Dia menjanjikan Xiaomi akan meluncurkan lebih banyak produk di Indonesia, termasuk, nantinya, dari kelas flagship. “Akan ada banyak produk baru yang menarik, ditunggu saja,” pungkas Jun.(*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved