News Video

Wow! Pelindo I Ubah Wajah Pelabuhan Belawan, Tambah Kapasitas Bongkar Muat Sampai 2 Juta Teus

Bongkar muat di Belawan ini tidak bisa disamakan dengan Singapura yang hanya untuk transit barang. Kita harus melakukan prosedur pemeriksaan ketat

Laporan Wartawan Tribun-Medan/ Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan salah satunya dengan melakukan pembenahan pada setiap pelabuhan, termasuk Pelabuhan Belawan.

Dalam hal ini Pelindo I mengoptimalisasi potensi yang dimiliki Pelabuhan Belawan yang menjadi pelabuhan utama di pesisir pantai timur Sumatera.

“Pembangunan Dedicated Terminal yang berupa Terminal CPO Antar Pulau dan Car Terminal semakin melengkapi fasilitas yang dimiliki Pelabuhan Belawan. Pembangunan Terminal CPO Antar Pulau ini bertujuan untuk menambah kapasitas bongkar muat CPO menjadi sebesar 1,8 juta TEUs (Twenty Equivalent Units) peti kemas per tahun menjadi 2 juta," ujar Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana, melalui Direktur SDM dan Umum Pelindo 1 Hamied Wijaya, kepada www.tribun-medan.com, Senin (18/12/2017). 

Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan Harian Tribun Medan ke kantor BUMN tersebut.

Tak hanya itu, Menurut Hamied, menambahkan Pelindo I juga mengembangkan terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari Terminal Curah Kering dengan kapasitas sebesar 1 juta ton, Terminal General Cargo, dan Dermaga IKD (Industri Kimia Dasar).

Baca Juga:

Wow! Pelindo I Ubah Wajah Pelabuhan Belawan, Tambah Kapasitas Bongkar Muat

Pelindo 1 Raih 4 Penghargaan di Ajang BUMN Branding & Marketing Award 2017

Cara Pelindo Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan, Satu di antaranya Afiliasi dengan Media  

" Dengan begitu diharapkan akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang, serta menambah kapasitas bongkar muat komoditi baik curah kering maupun general cargo di Pelabuhan Belawan," ujar Hamied didampingi Sekretaris Perusahaan Pelindo 1 Eriansyah dan Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami.

Sementara itu, General Manager Belawan International Container Terminal Aris Zulkarnain menjelaskan selain memperhatikan kapasitas dan kebersihan terminal container, pihaknya juga memperhatikan kebersihan di area terminal.

"Efisiensi waktu tetap diperhatikan. Waktu untuk bongkar muat di Belawan ini tidak bisa disamakan dengan Singapura yang hanya untuk transit barang. Di sini kita harus melakukan prosedur pemeriksaan yang ketat," jelasnya.

 Saksikan pemaparan Manajemen Pelindo I selengkapnya pada video di atas. (cr7/tribun-medan.com)  

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved