Ombudsman: Pelayanan Satpam Bank Lebih Baik daripada PNS Disdukcapil

Jadi sikap melayani adalah hal yang harus dimiliki setiap pegawai dan pimpinan yang bertugas di Disdukcapil.

Ombudsman: Pelayanan Satpam Bank Lebih Baik daripada PNS Disdukcapil
Tribun Medan / Array
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar menemukan maladministrasi di Kantor Depag Kota Medan, Senin (27/2/2017). (Tribun Medan / Array) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatra Utara, Abyadi Siregar mengutarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) adalah dinas yang fungsinya nyaris hanya melayani administrasi kependudukan.

Jadi sikap melayani adalah hal yang harus dimiliki setiap pegawai dan pimpinan yang bertugas di Disdukcapil.

"Kalau tidak memilki sikap melayani, yah tentu kejadinya adalah seperti yang terjadi di Disdukcapil Kota Medan. Pegawainya akan acuh tidak acuh kepada masyarakat. Bekerja ogah- ogahan, dan seperti terpaksa bekerja di Disdukcapil," ujarnya kepada www.tribun-medan.com, Selasa (19/12/2017)

Menuurutnya sikap yang dipertontontonkan pegawai Disdukcapil Medan, yang menyuruh Anggota DPRD Medan tersebut pulang, tanpa memberikan penjelasan dan solusi, adalah akibat pegawai Disdukcapil Kota Medan itu, bermental ngebos, dan bermental birokrat.

Baca: Mudik Berdarah di Kapal Wira Glory Menuju Nias, Penumpang: Kami Semua Ketakutan

Akibat pegawai bermental ngebos dan bermental birokrat ini, para warga yang hendak melakukan pengurusan administrasi kependudukan di Disdukcapil sering kebingungan. Mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan untuk menyelesaikan administrasi kependudukanya.

Memang tidak mudah mencari orang yang bermental melayani, namun bukan berarti tidak ada. Pemerintah Kota Medan kalau mau memperbaiki pelayanan di Disdkucapil, harus melakukan seleksi ulang terhadap pegawai-pegawainya.

Selain mencari orang yang bermental melayani, pemerintah Kota Medan bisa juga mendidik para pegawai untuk memiliki sikap melayani. Belajar lah kepada berbagai instansi yang pelayananya sudah bagus, seperti pelayanan di bank.

Baca: SMP Negeri 38 Medan Dapat Gelar Adiwiyata, Ini Rahasianya

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved