PLN Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Nasional hingga 97,3 Persen pada Tahun 2019

PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional hingga 97,3 persen di tahun 2019.

PLN Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Nasional hingga 97,3 Persen pada Tahun 2019
ist
Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto (tiga dari kiri) saat berfoto bersama di acara peresmian 66 desa teraliri listrik, Kamis (21/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional hingga 97,3 persen di tahun 2019.

Rasio elektrifikasi adalah tingkat perbandingan jumlah penduduk yang telah mendapat listrik dengan jumlah total penduduk di suatu wilayah atau negara.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini rasio elektrifikasi nasional telah mencapai 93,5 persen yang mana telah melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 92,75 persen,"kata Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharto, Senin (25/12/2017) saat dihubungi melalui selularnya.

Ia berharap seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat terus mendukung Program Lisdes.

Apalagi, sambungnya, Presiden Jokowi punya kebijakan pembangunan dimulai dari desa.

Baca: Masih Ada 311 Desa di Sumut yang Belum Teraliri Listrik

"Kami sepenuhnya sadar, keberhasilan tersebut tidak akan pernah lepas dari dukungan seluruh pihak. Untuk itu, kami sangat berterimakasih kepada Bapak Gubernur dan para Kepala Daerah serta jajaran aparatur negara. Dukungan aparat dan masyarakat desa pun kami rasakan sehingga kami dapat bekerja dengan aman yang mana hal tersebut memberi pengaruh yang sangat besar terhadap kelancaran pekerjaan kami,"ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum 2016, Program Lisdes menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN. Namun setelah itu di danai dengan skema penyertaan modal dari pemerintah kepada PLN.

Baca: Hendak Pergi Salat Subuh, Suwarno Tiba-tiba Berteriak Maling

Pemerintah memberikan anggaran kepada PLN dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN). Penggunaan anggaran utamanya untuk membiayai pembukaan jaringan tegangan rendah dan menengah.

Lalu pemasangan trafo sampai ke meteran pelanggan. Adapun total anggaran yang dialokasikan kepada PLN Sumut untuk melaksanakan Program Lisdes senilai Rp294Miliar sampai dengan 2018.(*)

Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved