Bakal Paslon Perseorangan Memenuhi Syarat Maju, KPUD Taput Akan Verifikasi Faktual

"Kalau sampai saat ini, pasangan itu bisa memperoleh sekitar 30.000. Sedangkan syarat yang ditetapkan hanya 21.005 dukungan KTP,"

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Ketua KPUD Taput, Rudolf Sirait (kanan) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG-Sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tapanuli Utara (Taput) menyerahkan hasil rekapitulasi dan verifikasi faktual jalur pasangan Bakal Calon perseorangan ke KPUD Taput, Kamis (28/12/2017).

Satu-satunya Bakal Paslon perseorangan di Taput yakni, Paangan Toman masih memenuhi perolehan suara, dari syarat minimal yang ditentukan.

Ketua KPUD Taput, Rudolf Sirait menjelaskan, hingga saat ini diperkirakan Bakal Paslon masih memenuhi syarat untuk tetap maju. Bahkan, sementara jumlah perolehan suara yang dihasilkan Pasangan jalur independen ini melampaui jumlah persyaratan suara yang ditentukan.

Baca: PSMS Medan Resmi Depak Pemain Asingnya Young Jin, Pelatih Djanur Cari Pengganti

Baca: Langka, Tabrakan karena Punggung Monyet Dikira Lampu Merah

"Kalau sampai saat ini, pasangan itu bisa memperoleh sekitar 30.000. Sedangkan syarat yang ditetapkan hanya 21.005 dukungan KTP," jelasnya.

Katanya, KPUD Taput akan merampungkan verifikasi faktual mulai 29-30 Desember. Selanjutnya, tanggal 30 Desember 2017 langsung diumumkan dan hasilnya diserahkan kepada bakal  paslon.

Disebutkannnya, verifikasi faktual akan memastikan setiap pemilik kartu tanda penduduk (KTP) benar-benar menyatakan dukungannya kepada pasangan calon.

 Menurut dia, ada perbedaan jumlah KTP setelah dilakukan verifikasi faktual oleh PPS. Sebelumnya ada perolehan 34.000 dukungan untuk Bakal Paslon tersebut, namun 4000 KTP dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Meski, sejauh ini Bakal Paslon masih memenuhi syarat, KPU wajib melakukan verivikasi untuk memperketat proses verifikasi KTP sebagai syarat pilkada untuk calon independen.

Oleh karena itu, sebanyak apa pun KTP yang dikumpulkan calon perseorangan, Rudolf menyatakan hal itu tak akan terlalu signifikan jika belum verifikasi belum benar-benar dirampungkan.(Cr1/Tribunmedan.Com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved