Pimpin Apel Pengamanan Pilkada, Kapolda Sumut: Waspadai Money Politic dan Black Campaign

Pesan ini disampaikan Paulus saat memimpin apel gabungan Operasi Mantap Praja Toba 2018 di Lapangan Benteng Medan.

Penulis: ArgusA |
Tribun Medan/Array
Kapolda Sumut, Irjend Paulus Waterpauw bersama sejumlah pejabat utama melakukan pengecekan pasukan saat apel gabungan persiapan pengamanan Pilkada 2018, Sabtu (6/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kapolda Sumatera Utara, Irjend Paulus Waterpauw mengingatkan seluruh personel TNI-Polri untuk tetap mengantisipasi berbagai kerawanan jelang pemilihan kepala daerah di Sumatera Utara.

Pesan ini disampaikan Paulus saat memimpin apel gabungan Operasi Mantap Praja Toba 2018 di Lapangan Benteng Medan.

"Segala gangguan Kamtibmas dan pelanggaran Pilkada harus kita antisipasi. Jangan sampai terjadi kecurangan berupa money politic dan black campain," kata Paulus di hadapan seribuan pasukan gabungan, Sabtu (6/1/2018).

Mantan Kapolda Papua ini mengatakan, pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga harus diawasi.

Kedua persoalan ini kerap menjadi pemicu perdebatan saat momen pilkada.

Baca: Dibuang NasDem dan Golkar, Tengku Erry Mau Tiket Pilgub dengan Merapat ke Cikeas

"Adanya protes partai politik, aksi unjuk rasa dan sengketa pilkada serta kerawanan juga harus kita antisipasi bersama. Kita harus menunjukkan semangat kesiapan dan tanggungjawab dalam melaksanakan tahapan-tahapan pilkada," ungkap Paulus.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan proses penyelenggaraan pilkada. Mulai tanggal 8 Januari hingga 13 Februari, KPU Sumut akan melakukan penetapan dan pengundian calon.

Masa kampanye, kata Paulus, dimulai tanggal 15 Februari hingga 23 Juni. Untuk pemungutan suara, sambungnya, akan dimulai tanggal 27 Juni.

Baca: Dongkrak Partisipasi Pemilih saat Pilgub, KPU Sumut Blusukan

"Operasi mantap praja ini akan berjalan hingga selesainya proses pilkada. Saya harap, semua instansi saling bersinergi dalam menjaga keamanan," katanya.

Dalam kesempatan ini, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjend TNI Cucu Somantri turut hadir bersama Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, dan Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan.(*)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved