Pilgub Sumut

Setelah Mendaftar, Tiga Bakal Calon Kada Taput Bertemu Untuk Pertama Kalinya

Tiga Bakal Calon Kepala Daerah bertemu di Kantor KPUD Tapanuli Utara, Jalan SM Simanjuntak Tarutung, Taput, Kamis (11/1/2018).

Setelah Mendaftar, Tiga Bakal Calon Kada Taput Bertemu Untuk Pertama Kalinya
Tiga kandidat bakal calon Kepala dan wakil kepala daerah Kabupaten Taput, Jonius Taripar Parsaoran dan Prengky P Simanjuntak (JTP-Frends), Crismanto Lumban Tobing-Hotman Huta Soit) serta Sarlandy Hutabarat sekaligus mewakili pasanganya Nikson Nababan dan Divisi Teknis KPUD Taput, Barisman Panggabean dan IDI Taput, Surono usai Bimtek uji kesehatan di Kantor KPUD Taput, Kamis (10/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.com, TARUTUNG- Tiga Bakal Calon Kepala Daerah bertemu di Kantor KPUD Tapanuli Utara, Jalan SM Simanjuntak Tarutung, Taput, Kamis (11/1/2018).

Pertemuan tersebut untuk memperoleh petunjuk teknis dari masing-masing Bakal Calon oleh KPUD Taput terkait Bimbingan Teknis (Bimtek) tes kesehatan.

"Kesehatan sebagai gambaran keadaan sejahtera. Status kesehatan harus dinyatakan oleh tim medis dan psikolog yang profesional dan impartial serta independen dan tidak memiliki kepentingan. jadi inilah tim yang dibentuk, nanti hasil pemeriksaan kesehatan itu disampaikan kepada KPU melengkapi syarat pada pemilihan calon wakil dan kepala daerah Taput,"Ujar Barisman Panggabean, Divisi Teknis KPU Taput di hadapan para kandidat

Pasangan bakal calon, Toman (Crismanto Lumban Tobing-Hotman Huta Soit). Crismanto datang terlebih dahulu dan tampak mengenakan baju batik warna coklat, sedangkan wakilnya mengenakan kmeja berwarna coklat kehijau-hijauan.

Sementara itu Pasangan Jonius Taripar Parsaoran dan Prengky P Simanjuntak (JTP-Frends) kompak mengenakan kemeja bunga-bunga berwarna kuning. Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh KPU dimulai pada pukul 10.30 WIB dihadiri kandidat pasangan calon, kecuali Nikson Nababan yang dipercayakan ke wakilnya Sarlandy Hutabarat.

Pada pertemuan itu, Barisman mengatakan uji kesehatan akan diadakan di Rumah Sakit Adam Malik Medan. Uji kesehatan akan berlangsung dua sesi, yakni 13 Januari fokus ke tes kesehatan fisik mencakup apakah Paslon bebas dari obat-obatan dan narkoba. Kemudian, hari terakhir pada 14 Januari diikuti dengan tes psikologi.

Dia menjelaskan, uji kesehatan tersebut melibatkan Ikatan Dokter Indonesia, Himpunan Psikologi (Himpsi), serta Badan Narkotika Nasional (BNN). Pertemuan itu juga diwarnai tanya jawab antara kandidat dengan IDI maupun ke KPU.

Sementara itu, IDI Taput Surono menuturkan, dalam hal ini IDI bekerjasama dengan BNN dan Himpsi melakukan pendampingan kesehatan psikologis dan bebas narkotik terhadap bakal Paslon. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Rumah Sakit Tipe A, yakni Rumah Sakit Pusat Haji Adam Malik, Medan.

"Dalam hal ini, IDI hanya melakukan pendampingan,"Jelasnya.

(cr1/ tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved