Newsvideo

Menkeu Sri Mulyani Wawancara Langsung Nasabah UMi di Belawan

UMi bertujuan untuk mengkolaborasi program-program pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati bertemu langsung dengan nasabah dari program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Belawan, Selasa (16/1/2018).

Saat ditemui seusai berinteraksi langsung dengan nasabah tersebut, Sri Mulyani mengatakan, dari wawancara yang dilakukannya dengan beberapa pedagang dan pelaku UKM, menurutnya ada beberapa hal yang harus dievaluasi dari adanya UMi tersebut.

“Pertama, banyak dari masyarakat yang membutuhkan akses pendanaan yang mudah. Selama inikan masyarakat mendapatkan akses pendanaan dari sumber-sumber lain tapi dengan bunga yang sangat tinggi. Adanya UMi membantu mereka untuk bisa mendapatkan akses modal,” ujarnya.

Baca: Warga Cek-cok dengan Polisi Gara-gara Tarif Parkir di Pusat Pasar Medan

Baca: Geng Waria Berhasil Tangkap Jambret, Pelaku Muntah-Muntah dan Minta Tidak Ditelanjangi

Ia menuturkan, ketika ia berbicara langsung ke pedagang ikan, para pedagang menyampaikan bahwa kebetulan ada salah satu gudang yang gak ada ikannya sehingga mereka tidak bisa berjualan.

“Kalau saya lihat dari ibu-ibu yang di PNM, mereka semua adalah ibu-ibu yang sangat memiliki sikap dan perilaku untuk membantu ekonomi keluarganya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa baik dari sisi kemauan mereka untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga masing-masing. Mereka mendapatkan pinjaman dari PNM bersama-sama melakukan akad kredit kemudian bersama-sama saling mendukung.

“Kebersamaan itu sendiri nilainya luar biasa bagi masyarakat. Dan bisa saling menjaga dan saling solider adalah suatu yang bagus sehingga program UMi tersebut menjadi salah satu bentuk fasilitator untuk memberikan kegiatan-kegiatan rutin dan aktif bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia menuturkan, UMi bertujuan untuk mengkolaborasi program-program pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Program UMi melengkapi program lain yang telah berjalan dan merupakan program tahap lanjutan dari bantuan sosial kemandirian usaha,” tuturnya.(pra/tribun-medan.com) 

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved