Edisi Cetak Tribun Medan

Harusnya Gratis, Tapi Warga Mulai Khawatir Urus Sertifikat Tanah Kena Biaya

"Prona ini kan program nasional. Kalau masalah biaya sebenarnya tidak ada, tapi tahulah. Saya nggak mesti jabarkan lagi.

Tribun Medan
Sulitnya mengurus sertifikat tanah dan bangunan di TR/ BPN Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Masyarakat yang dapat kesempatan untuk mengurus sertifikat tanah melalui program Kementerian dan Tata Ruang/Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Medan dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) atau yang disebut dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merasa khawatir.

Kekhawatiran mereka merujuk pada adanya oknum yang meminta biaya untuk mendapatkan Prona.

Padahal, BPN Kota Medan menegaskan, untuk mengurus Prona tanah tidak dipungut biaya alias gratis.

"Prona ini kan program nasional. Kalau masalah biaya sebenarnya tidak ada, tapi tahulah. Saya nggak mesti jabarkan lagi. Masyarakat ada juga yang membayar," kata FA, warga Kelurahan Pulau Rengas, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (20/1).

Baca: ALAMAK! Notaris pun Terpaksa Pakai Calo BPN urus Sertifikasi Tanah

Pada 2018, BPN Kota Medan mewacanakan akan membagikan sertifikat tanah sebanyak 12 ribu, yang akan diserahkan kepada masyarakat. Ada tiga kecamatan di Kota Medan yang mendapat sertifikat tersebut, yakni Kecamatan Medan Tuntungan, Kecamatan Labuhan, dan Kecamatan Medan Marelan.

Lurah Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Danil, menyebut, pihaknya sudah jauh hari menegaskan dan mengimbau kepada masyarakat bahwa mengurus sertifikat tanah tidak akan dipungut biaya.

"Silakan saja mendaftar, tidak ada masalah. Bawa surat-surat dan KTP segala macam. Itu saja. Kami sudah beritahu tidak ada biaya, gratis itu. Saya tegaskan, tidak ada patokan harga alias gratis," kata Danil melalui sambungan telepon, kemarin.

Ia menyarankan, bagi masyarakat yang mendapat kesempatan mengurus sertifikat bisa datang ke kantor lurah guna mendapat penjelasan lebih detail perihal persyaratannya. Danil menambahkan, kesiapan pihaknya untuk membagikan sertifikat kepada masyarakat dapat terbantu oleh BPN.

Baca: TONTON LIVE STREAMING Laga El Clasico Indonesia PSMS vs Persib Bandung Pukul 19.00 WIB

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved