Super Blue Blood Moon

LIVE Gerhana Bulan Total 'Super Blue Blood Moon' dari NASA Bisa Anda Lihat di Sini!

Fenomena gerhana bulan total atau 'Super Blue Blood Moon' pada Rabu (31/1/2018)

LIVE Gerhana Bulan Total 'Super Blue Blood Moon' dari NASA Bisa Anda Lihat di Sini!
Nextshark.com
Fenomena Super Blue Blood Moon 

TRIBUN-MEDAN.COM - Fenomena gerhana bulan total atau 'Super Blue Blood Moon' pada Rabu (31/1/2018) nanti akan memberi dampak bagi pesawat antariksa milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA), Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO).

Hal ini terjadi karena saat fenomena itu muncul, bulan sedang berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi (fase perige). Ini membuat gerhana ditenagai oleh sinar matahari memberikan ketegangan pada pesawat luar angkasa.

Tim LRO juga memberikan pernyataan terkait hal ini.

"Kami mendapatkan pembakaran kecil pada mesin agar dapat mempertahankan pesawat luar angkasa bertahan dalam penerangan selama mungkin."

"Dengan kata lain, kami melakukan sedikit penyesuaian untuk meminimalkan waktu yang kami perlukan dalam bayangan," jelas Noah Petro, penyelidik utama Tim LRO, seperti dikutip Seeker.

Baca: Gerhana Bulan Langka, Mbah Mijan Berkicau dan Ramalkan Hal Berikut

Meski demikian, penutupan instrumen LRO ini merupakan bentuk kewaspadaan ekstra untuk memastikan pesawat luar angkasa tetap aman saat beroperasi. Berikut LIVE STREAMING NASA:

Pada fenomena gerhana bulan sebelumnya, LRO yang memiliki tujuh instrumen yang bekerja dengan baik ini tetap bekerja dan mengumpulkan data di bulan.

Fenomena gerhana bulan total nanti terbilang langka, karena bertepatan dengan munculnya beberapa fenomena semesta alam lainnya.

Baca: Umat Islam Diajak Salat Gerhana, Inilah Fenomena Langka yang Muncul 150 Tahun Sekali

Gerhana bulan total itu akan muncul bertepatan dengan supermoon, momen ketika bulan berada dalam fase perige.

Hal itu menyebabkan bulan berada di posisi terdekat dengan bumi.

Selain itu, fenomena yang dapat disaksikan di Indonesia mulai pukul 18.48 WIB ini juga bersamaan dengan munculnya blue moon, sebutan untuk bulan penuh yang muncul dua kali dalam sebulan.(*)

Penulis: Fahrizal Fahmi Daulay
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved