Super Blue Blood Moon

Waspada Dampak Gerhana Bulan Hari Ini, BMKG Prediksi Akan Terjadi Fenomena Pasang Air Laut

Diimbau agar masyarakat selalu waspada dan siaga, guna mengantisipasi dampak dari pasang air laut maximum

Waspada Dampak Gerhana Bulan Hari Ini, BMKG Prediksi Akan Terjadi Fenomena Pasang Air Laut
sfmnews.com
Super moon 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

 TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN -Gerhana bulan Lunar Trifecta akan terjadi pada Rabu (32/1/2017), hari ini. Gerhana bulan ini berdampak terjadinya pasang surut air laut maksimal di berbagai wilayah.

 Menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika fenomena pasang maksimum terjadi tanggal 30 januari hingga 1 pebruari 2018 di pesisir perairan Belawan, Kuala Tanjung, Pangkalan Susu, Muara Sungai Asahan, Bagan siapu- api, Dumai dan Sungai Pakning.

 "Pasang maksimum akan terjadi di Belawan pukul 00.00-02.00, Kualatnjung pukul 01.00-04.00, Pangkalan Susu pukul 23.00-02.00, Muara Sungai Asaha pukul 03.00-04.00, 

Baca: Saksikan Cahaya Bulan Tampak seperti Darah, Begini Penjelasan BMKG

Baca: Beranjak Dewasa, Yuk Lihat Foto Cantiknya Sparsh, Gadis Cilik Pemeran Ichcha dalam Serial Uttaran

 Bagan Siapi-api pukul 00.00-02.00, Dumai pukul 05.00-07.00, dan Sungai Pakning pukul 08.00-10.00," ujar Kepala Stasiun Meterologi Maritim Belawan, Abdul Aziz melalui sambungan telepon, Rabu (31/1/2018)

 Terkait pasang maksimum tersebut Aziz mengutarakan sudah mendesiminaikan ke stakeholder di wilayah kerjanya. Supaya bisa mengantisipasi dampak-dampak yang disebankan pasang maximum tersebut.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, perikanan darat dan bongkar muat di pelabuhan, jadi sebaiknya langsung diantisipasi," ujarnya.

 Aziz turut mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan siaga, guna mengantisipasi dampak dari pasang air laut maximum tersebut serta memperhatikan update informasi cuaca Maritim yang dikeluarkan BMKG.

 Selama gerhana bulan ini, Aziz mengutarakan akan terjadi hujan ringan di Kota Medan. Sehingga masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana, supaya membawa perlengkapan.

 "Terkait kondisi cuaca jelang gerhana bulan medan diprediksi terjadi hujan ringan, langit tertutup awan mencapai 87%," ujarnya.(ryd/tribun-medan.com)

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved