Breaking News:

Mohammad Isya Hanya Dapat Ikan Kecil Karena Pengusaha Katrol

Mohammad Isya, Nelayan Kuala Lama, Pantai Cermin: Ibu Susi, Tolong Kami Nelayan Kecil Ini!

Mohammad Isya (53) Nelayan Kuala Lama, Pantai Cermin, Sedang Duduk di Samping Kantor DPRD SUMUT, Senin (5/2/2018). 

Laporan wartawan Tribun Medan/Frengki Marbun

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - M.Isya (53) adalah nelayan dari Kuala Lama , Pantai Cermin. ia sudah 13 tahun bekerja sebagai nelayan. Bapak dari tiga anak ini bertempat tinggal di Perumnas Mandala, Medan.

Ia setiap hari mencari dan menangkap ikan di Kuala Lama, Pantai Cermin. Sehari-hari Isya hanya mendapatkan ikan-ikan kecil. Karena penggunaan Cantrang/Katrol penghasilan Isya setiap hari selalu berkurang.

"Kalau penggunaan katrol/cantrang ini tidak dibasmi. Saya yakin nelayan kecil di Indonesia akan jatuh kelaparan. Karena tidak ada penghasilan lagi, Semua ikan diambil oleh kapal-kapal besar," ujar Isya.

Ayah dari tiga anak ini juga menambahkan bahwa, ekonomi keluarga sekarang ini juga terus menerun karena penggunaan cantang yang merenggut hak nelayan kecil. "Penghasilan terus berkurang karena penggunaan cantrang/katrol ini. Hak nelayan kecil dirampas oleh kapal-kapal besar. Akibatnya keluarga saya semakin susah, sedih memang. Udah susah, semakin susah lagi. Pendapatan dari nelayan terus berkurang,"kata Isya dengan raut muka yang sedih.

Ketika Tribun menanyakan pendapatan Bapak Isya per hari. Ia menyampaikan penghasilan dulu bisa sampai 300 ribu per hari.

"Penghasilan saya per hari dulu 300-400 ribu. sekarang karena penggunaan cantrang/katrol, dapat 100 ribu pun susah. Semua diambil oleh kapal-kapal besar yang menggunakan cantrang/katrol," tambah Isya.

Isya pun mengharapkan bahwa semoga pemerintah terutama Menteri Susi Pudjiastuti bisa segera membasmi kapal-kapal besar yang menggunakan cantrang/katrol. "Pemerintah terutama Menteri Susi harus segera membasmi penggunaan cantrang/katrol ini. Kalau ini tidak dibasmi, semua nelayan Indonesia akan sengsara dan Penghasilan akan terus menurun. Jadi Ibu Susi, tolong kami nelayan kecil ini.

Isya juga menekankan agar Menteri Susi mendengar nelayan kecil.
"Harapan saya semoga Menteri Susi Mendengar nelayan kecil, termasuk saya ini," ujar Isya.

(Cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved