Pilgub Sumut

JR Saragih tak Lolos Jadi Cagub Sumut, Partai Demokrat Akan Tempuh Jalur Hukum

KPU Sumut menyatakan satu berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, tidak memenuhi syarat.

JR Saragih tak Lolos Jadi Cagub Sumut, Partai Demokrat Akan Tempuh Jalur Hukum
Tribun Medan/Nanda
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 JR Saragih-Ance Selian pada Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023 di ballroom hotel Grand Mercure Maha Cipta Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (12/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekretaris Departemen Dalam Negeri DPP Demokrat Abdullah Rasyid menuding Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut telah mengabaikan aturan penyelenggaraan Pilkada karena menggugurkan pasangan JR Saragih-Ance Silean sebagai kontestan Pilgub Sumut 2018-2023.

"Ini tidak benar, sebab Undang-undang tentang Pilkada tidak mengatur seperti itu," kata Abdullah melalui pesan tertulis, Senin (12/2/2018).

KPU Sumut menyatakan satu berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, tidak memenuhi syarat.

Berkas tersebut adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

Baca: BREAKING NEWS: JR Saragih Tidak Memenuhi Syarat Ikut Pilgub Sumut, Terganjal Masalah Ijazah

Menurut Rasyid, undang-undang tentang Pilkada mengamanatkan bakal pasangan calon untuk menyelesaikan pendidikan SLTA sederajat yang dibuktikan dengan ijazah. Menurutnya, tidak ada klausul yang menyebutkan adanya syarat legalisir pada ijazah tersebut.

Di sisi lain, kata Rasyid, terdapat dua kondisi objektif lainnya yang diabaikan oleh KPU Sumut.

Rasyid menjelaskan, bakal calon yang diusung Demokrat, JR Saragih, adalah Bupati Simalungun dua periode. Saat maju pada Pilkada Simalungun lalu, persoalan ijazah juga terjadi.

Kala itu, Mahkamah Agung (MA) menerbitkan keputusan bahwa ijazah JR Sragih sah atau legal.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved