Bank BPD Terbesar Penyalur UMKM

Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mendorong perekonomian nasional sangatlah penting

Bank BPD Terbesar Penyalur UMKM
TRIBUN MEDAN/RISKY
Bank Sumut 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ryan Juskal

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mendorong perekonomian nasional sangatlah penting. UMKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian negara. Pemerintah pun memberikan kebijakan terhadap dunia perbankan untuk mendorong kredit produktif, yang dapat membantu laju pelaku UMKM

Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut, Hadi Sucipto mengatakan, sekitar 42 persen portofolio Bank Sumut, total kredit ada pada sektor UMKM. Bahkan, jika dilihat dari data Bank Pembangunan Daerah (BPD) se-Indonesia, Bank Sumut merupakan penyalur terbesar sektor UMKM

Baca: Momentum untuk Menambah Suntikan Modal

Baca: Karyawan Bank Sumut Berolahraga Sambil Promosi di BSCC

"Bisa dilihat, di seluruh BPD, ada data dari Infobank, Bank Sumut terbesar untuk penyaluran UMKM. Bank Sumut termasuk pionir di BPD, banyak dari BPD daerah lain belajar dari Bank Sumut terkait UMKM," katanya, Senin (30/10).

Disampaikannya, dalam menjaga semangat pertumbuhan sektor UMKM, Bank Sumut kerap melakukan pelatihan-pelatihan pada berbagai satkeholder. Pelatihan terhadap karyawan, pelaku UMKM dan lainnya. 

"Pelatihan bagi instruktur, yaitu karyawan kami, agar mereka paham, bagaimana nanti dapat membantu mengembangkan bisnis nasabah Bank Sumut. Untuk pelaku UMKM juga, kami lakukan pelatihan- pelatihan UMKM.  Bahkan kami kerap diundang OJK untuk jadi narasumber, untuk melakukan pelatihan bagi pelaku UMKM di berbagai daerah di Sumut," ungkapnya. 

Hadi menerangkan, ada tiga P yang menjadi acuan pelatihan Bank Sumut, yakni pembiayaan, pemasaran dan pendidikan. Setiap acount officer Bank Sumut, lanjutnya, harus memiliki kemampuan untuk melatih para pelaku usaha.  

Disampaikannya, pemerintah pun terus mendorong perbankan, terkait memperbesar sektor produktif.  

Halaman
12
Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved