Penjelasan Bawaslu saat Kuasa Hukum JR Saragih Datang Lengkapi Gugatan

Maka untuk mendapat rasa keadilan, pihak JR Saragih-Ance diberi kesempatan menempuh jalur gugatan ke PT TUN.

Penjelasan Bawaslu saat Kuasa Hukum JR Saragih Datang Lengkapi Gugatan
TRIBUN MEDAN/M Fadli
Komisioner Bawaslu Herdi Munthe 

Laporan wartawan Tribun Medan / M Fadli

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kuasa Hukum JR Ance sambangi Bawaslu untuk melengkapi nomor registrasi gugatan terkait dinyatakannya tidak memenuhi syarat (TMS) pada penetapan KPU. Bawaslu Sumut Masih Menunggu Kelengkapan Berkas JR Saragih-Ance.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut menjadwalkan akan melakukan mediasi pada hari Selasa (20/2/2018), terkait laporan sengketa pilkada yang didaftarkan Bakal Calon Gubernur JR Saragih-Ance, yang dibatalkan pencalonannya oleh KPU Sumut.

Namun, jadwal tersebut masih menunggu kelengkapan berkas oleh tim kuasa hukum pelapor.

Hal tersebut disampaikan awaslu Sumut melalui Pimpinan Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran Herdi Munte.

"Kita masih menunggu kelengkapan berkas dari pelapor, kalau itu sudah dilengkapi maka akan segera kita jadwalkan sidang musyawarah. Hari ini terakhir waktu melengkapi berkasnya, makanya kita tunggu sampai pukul 16.00 wib," ujar Herdi Munte saat di kator Bawaslu Sumut, Senin (19/2/2018).

Herdi menambahkan, untuk berkas yang masih belum dilengkapi oleh tim kuasa hukum JR Saragih-Ance ada beberapa item, seperti fotokopi KTP dari kuasa hukum, fotokopi surat kuasa, dan format pengisian yang sesuai dengan peraturan Bawaslu nomor 15 tahun 2017.

Baca: Ance Selian Sambangi Anak SMP Penderita Tumor, Gak Disangka Reaksi Si Ibu

"Kalau berkas tersebut sudah dilengkapi hari ini, seperti fotokopi KTP kuas hukum yang masih kurang, fotokopi surat kuasa dan format pengisian yang sesuai aturan bawaslu, maka akan kita kasi nomor registrasi, setelah itu kita akan lakukan sidang. Sesuai peraturan, kita diberi waktu 12 hari kalender untuk melakukan sidang musyawarah," ujarnya.

Herdi menjelaskan, nantinya persidangan akan dihadiri oleh kedua belah pihak. Keputusan sidang berdasarkan fakta yang ada pada persidangan. Apabila sudah putus maka sifat keputusannya mengikat kepada kedua belah pihak.

"Sidangnya nanti dihadiri kedua belah pihak, penggugat dan tergugat. Sedangkan bawaslu sebagai penengah. Jika nanti keputusan misalkan meloloskan pihak JR Saragih-Ance, maka KPU wajib menjalankan hasil keputusan tersbut," jelas Herdi.

Namun sambungnya, jika keputusan itu tidak meloloskan pihak JR Saragih-Ance, maka untuk mendapat rasa keadilan, pihak JR Saragih-Ance diberi kesempatan menempuh jalur gugatan ke PT TUN.

Hingga berita ini diturunkan, Kuasa hukum JR-Anca masih melengkapi berkas di dalam ruangan kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik, Medan.(cr3)

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved