Pilgub Sumut

KPU Sumut Tetap Nyatakan Pencalonan JR Saragih - Ance Tidak Memenuhi Syarat, Ini Alasannya

Klarifikasi ijazah atas nama JR saragih sesuai dengan surat dinas pendidikan Jakarta tidak pernah melegalisir ijazah

TRIBUN MEDAN/ M Fadli
Sidang lanjutan musyawarah gugatan JR Saragih dan Ance di Kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik, Medan, Jumat (23/2/2018). 

Laporan wartawan Tribun Medan / M Fadli

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sidang lanjutan musyawarah gugatan pasangan JR Saragih dan Ance yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu Sumut, Jumat, (23/2/2018). Sidang lanjutan ini merupakan jawaban atas permohonan gugatan yang dilayangkan oleh kuasa hukum JR Saragih dan Ance.

Setelah pembacaan bukti dari pihak termohon, maka KPU Sumut tetap menyatakan pasangan JR Saragih dan Ance TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Pernyataan tersebut langsung disampaikan, Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain (divisi hukum) membacakan jawaban termohon, bahwa termohon dengan tegas menolak semua dalil-dalil pemohon.

"Kami tetap menerima semua berkas dari pemohon. Klarifikasi ijazah atas nama JR saragih sesuai dengan surat dinas pendidikan Jakarta tidak pernah melegalisir ijazah tersebut. Jadi keputusan, termohon (KPU) sudah benar dan tepat dengan menyatakan paslon JR Saragih tidak memenuhi syarat (TMS)," katanya.

Baca: Relawan Djarot-Sihar Tanggapi Begini Isu Register 40 yang Dianggap Penggembosan

Baca: Bocah Pengunggah Ujaran Kebencian di Sosmed Jadi Tersangka, Diboyong ke Polda Sumut

Untuk kelengkapan administrasi dan pemanggilan saksi dan saksi ahli akan dilakukan pada tanggal 24, 27 Februari dan putusan pada 3 Maret 2018.

KPU Sumut memutuskan melakukan penelitian terhadap syarat calon dari masing-masing pasangan calon khususnya disyarat pendidikan. Yang mana ijazah minimal SLTA atau sederajat yang dilegalisir oleh instansi berwenang.

KPU menemukan keganjalan terhadap NIK ijazah JR Saragih dan ditambah ketidak adanya legalisir yang dinyatakan langsung dari sekretaris Dinas. Maka dengan hal tersebut, KPU juga menambah keyakinan tetap menetapkan pasangan tersebut TMS.

Ketua Bawaslu Syafrida R Rasahan mengatakan, untuk sidang selanjutnya pihak pemohon dan termohon menunjukkan semua bukti-buktinya.

"Untuk persidangan selanjutnya, kami menginginkan untuk baik dari termohon dan pemohon untuk menunjukkan masing-masing bukti," ujarnya dalam persidangan.(cr3)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved