Breaking News:

Kunjungan Ke Tapteng, Edy Sempatkan Ziarah ke Makam Penyebar Islam di Barus

Dalam kunjungannya ke kota Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, calon Gubernur Sumatera Utara

Penulis: Muhammad Nasrul |
Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, menyiram pusaka Syekh Muazzam Syah yang terletak di Komplek Makam Mahligai, Kota Barus, Tapanulitengah, Rabu (28/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dalam kunjungannya ke kota Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyempatkan diri datang ke Komplek Makam Mahligai, Rabu (28/2/2018).

Diketahui Komplek Makam yang terletak di atas bukit di desa Aek Daya itu, terdapat banyak makam kuno, dengan nisan yang terbuat dari batu kali, serta bertuliskan Arab Kuno. Menurut informasi, di komplek tersebut juga merupakan makam dari penyebar agama Islam di wilayah tersebut.

Edy kemudian berziarah dan memanjatkan doa di makam Syekh Muazzam Syah, maha guru atau tuan guru dari Imam Syekh Chatif. Bertindak sebagai pemimpin doa, ia memulai dengan bacaan surah Al-fatihah sebanyak tiga kali.

"Semoga para Syekh kita diterima disisi Allah SWT," ujarnya.

Setelah berdoa, ia pun menyiram pusaka Syekh Muazzam Syah dengan air, yang dituangnya dari botol plastik air mineral.

Selain makam Syekh Muazzam Syah dan makam Imam Syekh Chatif, Edy juga berziarah ke makam Syekh Rukunuddin. Syekh Rukunuddin merupakan pendiri istana Mahligai, yang terdapat dalam sejarah berdirinya Barus. (cr4) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved