Berita Eksklusif

Warga Ini Blak-blakan Sawer Oknum Petugas saat Urus IMB, Tak Disangka Naik Jadi Dua Kali Lipat!

Seorang warga Kota Medan, Sumatera Utara, berinisial HG buka‑bukaan, bahwa tak sedikit kutipan yang harus dibayarkan

Warga Ini Blak-blakan Sawer Oknum Petugas saat Urus IMB, Tak Disangka Naik Jadi Dua Kali Lipat!
TRIBUN/RYan A Juskal
Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli 

TRIBUN-MEDAN.COM - Seorang warga Kota Medan, Sumatera Utara, berinisial HG buka‑bukaan, bahwa tak sedikit kutipan yang harus dibayarkan saat pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Ia harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyawer oknum petugas mulai dari kelurahan hingga dinas.

"Waktu bangun ruko lantai dua biaya resmi berkisar Rp 5 jutaan, tapi ada uang pengertian. Jumlahnya lumayan, 100 persen dari tarif normal. Totalnya Rp 10 jutaan keluar," ujarnya kepada Harian Tribun Medan/Online Tribun-Medan.com pekan lalu.

Ia juga membongkar praktik culas oknum PKPPR. Ketika itu ia pernah membangun tiga unit rumah, namun hanya satu yang membayar IMB. Sedangkan dua lainnya tidak dikeluarkan IMB.

Untuk lolos dari pembongkaran paksa Satpol PP, ia kemudian membayar upah menggambar denah lokasi pembangunan kepada petugas.

Biasanya, menurutnya, bila gambar diajukan dari pemohon, petugas kerap menganggap gambar yang diusulkan tidak sesuai peraturan yang mereka terapkan.

"Jasa menggambar kepada petugas dinas Rp 500 ribu. Seharusnya pemohon yang berikan namun khawatir prosesnya tak sesuai yang mereka harapkan," katanya.

"Saya kasih uang tanpa diminta, uang terima kasih sekitar Rp 200‑an ribu. Awalnya aku berpikiran akan dipersulit namun tidak. Walaupun IMB tidak dikeluarkan, namun pembangunan terus dilakukan karena tidak mengganggu siapa‑siapa," ujarnya. 

DPRD: Banyak Laporan Masuk Namun Belum Ada yang Terbukti

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli menjelaskan, sejauh ini banyak laporan yang masuk ke mereka, namun belum ada yang terbukti.

Halaman
12
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved