Baca Selengkapnya di Harian Tribun Medan

ALAMAK! Soal Perizinan, Peringkat Sumut di Bawah Sumbar dan Riau

hasil penelitian lembaga survei, yang menyebutkan pelayanan pengurusan izin di Sumut peringkat ke-20 dari 33 provinsi di Indonesia.

ALAMAK! Soal Perizinan, Peringkat Sumut di Bawah Sumbar dan Riau
Tribun Medan
Edisi Eksklusif Pungli saat Pengurusan IMB di Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara melansir hasil penelitian lembaga survei, yang menyebutkan pelayanan pengurusan izin di Sumut peringkat ke-20 dari 33 provinsi di Indonesia.

Bahkan, Sumut masih di bawah Sumatera Barat dan Riau.

Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adiyaksa menjelaskan, banyak indikator yang menentukan lancarnya pelayanan pengurusan izin, termasuk izin mendirikan bangunan (IMB).

Tapi, seluruh permasalahan tersebut, katanya, merupakan mata rantai yang terikat.

"Apindo bekerja sama dengan lembaga survei tertentu. Dari 33 provinsi, Sumut peringkat ke-20. Jadi, peringkat pertamanya DKI Jakarta disusul Jawa Timur. Karena itu, Sumut harus memperbaiki pelayanan perizinan," ujarnya kepada Tribun Medan/Tribun-Medan.com di kawasan Ringroad, Medan, beberapa hari lalu.

Baca: Gugatannya Dimenangkan, JR Saragih Berterima Kasih pada Bawaslu Sumut

Ia menambahkan, ada beberapa kelemahan di Sumut sehingga pelayanan perizinan dan iklim investasi merosot ke peringkat ke-20.

Tidak dimungkiri, katanya, kesulitan mengurus izin mendirikan bangunan juga dirasakan banyak kalangan pengusaha atau masyarakat.

Pada intinya, hampir seluruh pengurusan izin sulit dan lama. Meski demikian, ia berpendapat lamanya pengurusan IMB bukan sekadar kesalahan pelayanan pemerintah, tapi, banyak juga kesalahan pada masyarakat.

Misalnya, gedung yang akan dibangun di atas tanah yang bersengketa. Kemudian, administarasi tak lengkap.

"Banyak masyarakat atau orang-orang tertentu menggunakan jasa calo saat mengurus IMB, sehingga harus merogoh kocek dalam-dalam. Bila mengurus sendiri secara normal, barang kali tidak ada masalah apapun," katanya.(*)

BACA BERITA EKSKLUSIF INI SELENGKAPNYA DI HALAMAN 3 EDISI CETAK HARIAN TRIBUN MEDAN, EDISI MINGGU (4/3/2018)

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved