GMKI Tumbangkan Gerbang Kantor DPRD

Mahasiswa mengkritisi hasil revisi UU MD3 yang diterbitkan DPR RI. GMKI menilai, UU MD3 itu bentuk pengekangan terhadap masyarakat.

GMKI Tumbangkan Gerbang Kantor DPRD
TRIBUN MEDAN/Array A Argus
Petugas kepolisian tampak mengecek gerbang DPRD Sumut yang tumbang akibat didobrak masa GMKI Cabang Medan, Jumat (9/3/2018). Sebelumnya, GMKI mengkritisi revisi UU MD3 yang diterbitkan DPR RI. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan menumbangkan gerbang DPRD Sumatera Utara. Mereka merasa kesal karena aksinya semula tak ditanggapi oleh anggota dewan.

Dalam aksinya ini, mahasiswa mengkritisi hasil revisi UU MD3 yang diterbitkan DPR RI. GMKI menilai, UU MD3 itu bentuk pengekangan terhadap masyarakat.

"Kami menilai ada bentuk pengekangan nilai demokrasi. Dan undang-undang ini kami anggap ambigu," kata Ketua GMKI Cabang Medan, Hendra Manurung, Jumat (9/3/2018).

Ia mengatakan, dalam UU MD3 itu disebut siapapun yang merendahkan DPR dapat dihukum. Yang jadi pertanyaan, kata Hendra, sikap merendahkan yang seperti apa dimaksud DPR.

Baca: Terungkap Pembunuhan Ibu Kandung, Ada Sosok Kemis yang Sering Disebut Para Tersangka

Baca: Demonstrasi GMKI Memanas, Gerbang Kantor DPRD Sumut Roboh dan Dilempari Tomat Busuk

"Sementara, kinerja DPR memang buruk. Dari draft UU yang masuk dalam program legislasi, hanya sembilan saja yang rampung. Dan DPR adalah lembaga terkorup. Jadi kalau rakyat kecewa, wajar saja," kata Hendra.

Tak hanya menumbangkan gerbang DPRD Sumut, masa yang membawa bendera warna biru ini melempari gedung DPRD Sumut dengan tomat busuk. Terlihat jelas buah tomat berserakan di halaman dekat pintu masuk DPRD.

Kaca gedung DPRD tampak kotor karena pecahan tomat. Petugas kepolisian yang ada di lokasi tampak kelimpungan menghadapi kalangan mahasiswa ini.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Victor Ziliwu yang datang ke lokasi langsung mengumpulkan anggotanya. Ia terlihat mondar-mandir mendengarkan keterangan mahasiswa yang melakukan aksi.(ray/tribun-medan.com)

Penulis: ArgusA
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved