Breaking News:

Pilgub Sumut

BREAKING NEWS: Alasan Polisi Tetapkan JR Saragih Tersangka Pemalsuan Legalisir Ijazah SMA

Pihak kepolisian yang tergabung Gakkumdu Sumut telah resmi menetapkan JR Saragih sebagai tersangka.

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut JR-Ance menunjukkan Ijazah pada rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara di Medan, di Medan, Senin (12/2). Pasangan JR Saragih dan Ance dinyatakan tidak lulus verifikasi atau belum memenuhi syarat (BMS) oleh KPU karena legalisir Ijazah dianggap tidak sah.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com - Pihak kepolisian yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumut telah resmi menetapkan JR Saragih sebagai tersangka.

JR Saragih menjadi tersangka tersangka atas kasus dugaan pemalsuan tanda tangan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto.

Hal ini disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumut sekaligus pengarah Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumut Kombes Pol Andi Rian di Kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik, Medan, Kamis (15/3/2018) malam.

Menarik untuk ditelusuri apa alasan kepolisian hingga menetapkan JR Saragih menjadi tersangka tunggal dalam pemalsuan tanda tangan Kadis DKI Jakarta.

"Berdasarkan hasil gelar tim Gakkumdu, hari ini saudara JRS ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan menggunakan surat palsu, sebagaimana diatur dalam Pasal 184 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada," kata Andi.

Andi mengaku timnya punya alat bukti yang cukup untuk menetapkan JR Saragih sebagai tersangka.

"Alat bukti kita fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir, itu kita sita dari KPU. Kemudian dari pelapor, kemudian speciment tandatangan dari Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta," kata Andi.

Baca: BREAKING NEWS: JR Saragih Tersangka Pemalsuan Legalisir Fotokopi Ijazah SMA, Terganjal Pula di KPU

Baca: Tersangka Pemalsuan Legalisir Ijazah, JR Saragih Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Andi menambahkan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menerbitkan surat yang menyebut tidak pernah melegalisir fotokopi ijazah SMA JR Saragih.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved