Wali Kota Medan Pimpin Normalisasi Drainase di Sunggal

Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir

ist
Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3), Wali Kota usai mengikuti Car Free Day di Lapangan Merdeka langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal Supriadi mengungkapkan, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

Baca: Dinas PU Normalisasi Drainase di Medan Kota

"Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini,” kata Supriadi.

Dalam melakukan normalisasi tersebut, Wali Kota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Baca: Kecamatan Medan Belawan Normalisasi Drainase

Setibanya di lokasi, Wali Kota yang hadir didampingi, Kadis PU, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, anggota DPRD Medan Ilhamsyah, Sekwan DPRD Medan Abd Azis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Sampurno Pohan, Kabag Humasy Ridho Nasution, Kabag Hukum Bambang serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia, langsung mengecek kondisi drainase yang dikeluhkan warga tersebut.

Dari penelusuran yang dilakukan Wali Kota, apa yang dikeluhkan warga ternyata terbukti. Mantan Wali kota dan Sekda Kota Medan itu pun memerintahkan Dinas PU melakukan Normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini pun langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

“Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini, insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi,” kata Wali Kota.

Baca: Dinas PU Normalisasi Drainase di Marelan dan Labuhan

Halaman
12
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved