Renward Ingin Benahi Transportasi Kota Medan Agar Lebih Modern

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat mengatakan, rencana pembangunan LRT dan

Renward Ingin Benahi Transportasi Kota Medan Agar Lebih Modern
DERF 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat mengatakan, rencana pembangunan LRT dan BRT agar dapat mengurai kemametan serta mewujudkan Kota Medan dengan layanan transportasi modern.

"Iya kami pikir, LRT dan BRT ini akan sangat penting dan banyak manfaatnya untuk Kota Medan. Namun, saat ini masih dalam tahapan uji materi, amdal dan sebagainya. Kami libatkan peran serta masyarakat, sumbangsih pemikiran masyarakat dibutuhkan, maka itu kami buat polling,"ujarnya Selasa (20/3/2018).

Diterangkannya, dalam rangka mewujudkan rencana tersebut, dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, Pemko Medan melakukan survey online sebagai bagian proses konsultasi publik. Survey online dilaksanakan mulai tanggal 19 - 25 Maret 2018.

"Saya harap masayarakat Kota Medan bisa berkontribusi, dan meyebarkannya. Setelah itu, nanti akan dianalisa oleh konsultan, dan dilaporkan lagi pada kami. Nanti kita tabulasi. Nah, kalau fisik pembangunannya, itu nanti bisa awal 2019,"ungkapnya.

Renward menerangkan, layanan angkutan masal diselenggarakan di koridor 1 dari Terminal Pinang Baris hingga Terminal Amplas sejauh 18 Km, khusus untuk jalur BRT. Sedangkan di koridor 2 dari Pasar Lau Chi hingga Aksara, akan dibuat khusus untuk LRT sejauh 17,3 Km dengan jalur layang LRT.

Menurutnya, Pemko Medan akan melaksanakan proyek ini dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha atau swasta.

"Ya, proyek ini diharapkan dapat memperbaiki layanan angkutan umum, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan menghindari kemacetan total atau disebut gridlock. Nah, gridlock ini diprediksi akan terjadi pada tahun 2024. Kita ingin juga dengam adanya layanan itu, dapat meningkatkan perekonomian Kota Medan,"pungkasnya.

 (raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved