Tax Centre USU Bikin Pojok e-Filling untuk Bantu Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan

Pojok e-Filling SPT Tahunan Orang Pribadi ini dibuka mulai tanggal 12-29 Maret 2018.

Tax Centre USU Bikin Pojok e-Filling untuk Bantu Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan
Tribun Medan/Sally
Pojok e-Filling SPT Tahunan di gedung Tax Centre Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU, Senin (26/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Sally Siahaan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Untuk membantu wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, Tax Centre Universitas Sumatera Utara (USU) menyediakan tempat bernama Pojok e-Filling.

Di sini, Tax Centre melayani wajib pajak perseorangan untuk mengisi SPT Tahunan secara online. Pojok e-Filling SPT Tahunan Orang Pribadi ini dibuka mulai tanggal 12-29 Maret 2018.

Ini merupakan satu bentuk kerjasama Direktorar Jenderal Perpajakan (DJP) dengan Tax Centre USU yang sudah di mulai sejak tahun 2008. Kepala Tax Centre USU Hatta Ridho mengatakan bahwa Pojok e-Filling juga melayani pelaporan pajak badan usaha.

"Kami sudah kerja sama dengan DJP sejak tahun 2008, sudah 10 tahun. Sekarang kan e-SPT, prosesnya online, dulu waktu manual kita bantu isi dan serakan SPT tahunan melalui dropbox. Di sini kami melayani wajib pajak perorangan tapi tidak menutup kesempatan untuk badan juga," ujarnya.

Baca: HORE! Pemprov Bakal Beri Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor Lagi, Rencananya Dimulai Bulan Depan

e-Filling merupakan cara penyampaian SPT tahunan secara online. Di Tax Centre e-Filling dibantu langsung oleh mahasiswa Departrmen Administrasi Perpajakan USU yang sudah dilatih langsung oleh DJP Kanwil Sumut.

"Bulan maret biasanya musim pengisian SPT, bertepatan dengan itu mahasiswa semester IV departemen Administrasi Perpajakan juga sedang Praktik Kerja Lapangan (PKL) jadi mereka juga ikut membantu melayani pengisian SPT tahunan. Jadi, mereka yang sudah mengerti kami minta untuk membantu di Pojok e-Filling. Untuk badan biasanya dibantu sama staff Tax Centre. Karena untuk badan perlu pembukuan yang benar, kalau tidak akan sulit mengiai kewajibannya," katanya.

Tidak hanya membantu pengisian e-Filling SPT Tahunan, Tax Centre juga sering membuka pelatihan Brevet A dan B. Hatta mengatakan, itu dilakukan untuk membantu badan usaha mencegah kesalauan pajak.

Serta, memberikan pelatihan kepada bendahara seluruh unit kerja di USU.

Baca: Balita Meninggal Karena Tarif Ambulans Mahal, Begini Respon Kepala Dinas Dairi

"Dulu waktu masih manual bisa pakai data-data sebelumnya, tapi berhubung ini sudah sistemnya online ada saja yang belum mengerti prosesnya. Jadi kita di sini mau membantu. Sekalian bisa konsultasi juga terkait pengisian e-Filling," ujarnya.

Melalui Pojok e-Filling ini Hatta mengharapkan orang lebih sadar untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Sehingga, Indonesia bisa lebih mandiri, sehingga visi 2025 menciptakan Indonesia sebagai bangsa maju, adil, makmur dan mandiri bisa terwujud.

"Pengisian SPT tahunan sekarang sudah lebih mudah. Harapan saya sama dengan pemerintah, yakni kesadaran orang untuk penuhi kewajiban pajak. Kalau tax ratio tinggi, kita bisa mandiri. Pembangunan infrastruktur tidak perlu hutang dari luar negeri. Visi 2025 pun bisa terwujud," ujarnya lagi.(*)

Penulis: Sally Siahaan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved